Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi XI DPR RI M Romahurmuziy meminta Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) meningkatkan hubungan baik dengan Singapura sehingga investasi dari negara tersebut terus masuk ke kawasan Batam.

“Tingkat kepercayaan Singapura terhadap Batam harus ditingkatkan. Batam dan Singapura walaupun disebut sebagai kompetitor, tapi dalam hubungan harus kooperatif,” kata Romi, sapaannya, di Batam, Kamis (19/1).

Menurutnya, hal yang penting dilakukan BP Batam adalah menjadikan Singapura sebagai mitra yang saling melengkapi. Penting pula bagi Batam mendapatkan kepercayaan dari Singapura sekaligus untuk mendapatkan investor, termasuk dari negara-negara lain yang sudah menanamkan sahamnya di Batam.

Jika Batam mampu menjaga hubungan dengan baik, Romi meyakini iklim investasi di Batam ke depan akan menjadi lebih baik lagi.

“Karenanya harus didorong agar situasi di Batam dijaga dengan baik, karena akan menentukan investasi. Selain investasi masuk, juga agar investasi di Batam tidak ada lagi yang akan keluar,” jelasnya.

Ditambahkan, saat ini perusahaan multinasional yang beroperasi di Batam, khususnya yang mendukung kegiatan Migas di Natuna, mengalami penurunan. Hal ini menjadi pekerjaan bagi Batam untuk membenahi pelayanan dan kondisi di tengah masyarakat agar investor merasa nyaman.

Ketua Umum PPP itu optimis investasi di Batam kembali akan bangkit sejalan dengan semangat Presiden Joko Widodo yang ingin mengembalikan Batam sebagai lokomotof ekonomi di pulau terluar. (Ant)

()