Jakarta, Aktual.com – Influencer muda dr. Tirta Mandira Hudhi meluapkan emosinya dalam sebuah video yang beredar di jejajring WA, Sabtu (28/3).

Dia mengkritik keras pernyataan Menteri Kesehatan dan Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 yang kerap kali menyampaikan statement kontroversial yang sangat merugikan rakyat.

dr. Tirta mengatakan rumah sakit di Indonesia kini sudah mulai kewalahan untuk mengatasi membludaknya jumlah pasien positif Covid-19. Berdasarkan masukan para tenaga medis solusi terbaik yang dapat dilakukan pemerintah adalah karantina total wilayah.

“Jadi kalau saya berkata teman-teman saya yang dokter, terutama yang berada di garda terdepan, dan beberapa juga dokter spesialis paru, dan beberapa anggota IDI, sebenarnya idealnya itu menyarankan karantina, totally karantina,” papar Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada tersebut.

“Diam di rumah masing-masing,” lanjutnya.

dr. Tirta menekankan solusi tersebut adalah hanya pertimbangan dari segi medis, belum memperhitungkan sektor ekonomi. Dia menyarankan Presiden Jokowi untuk mengumpulkan 10 Pakar Ekonomi.

dr. Tirta lanjut menggambarkan wabah Covid-19 layaknya kurva berbentuk huruf n. Setiap hari selalu ada dokter dan tenaga medis yang meninggal, dan ratusan relawan terpaksa menjalani perawatan akibat terpapar virus.

Sampai saat ini, dr. Tirta mengatakan pasien yang ditangani oleh para tenaga medis hanya pasien yang memiliki gejala nyata terinfeksi Covid-19.

“Apa yang dihadapi dengan teman-teman kita di tenaga medis, di garda terdepan, di IGD, itu adalah orang yang memang kelihatan gejalanya, tapi yang enggak kelihatan gejalanya banyak,” jelas dr. Tirta.