Jember, Aktual.com – Rumah Sakit Daerah (RSD) dr. Soebandi Jember, Jumat (9/12) menggelar vaksin booster dengan sasaran lansia. Bukan tanpa alasan, lansia adalah kelompok umut yang dinilai rentan terinveksi virus Covid-19. “Kami rumah sakit dr. Soebandi mendukung penuh seluruh program kesehatan yang intruksikan bapak Bupati, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan warga Jember, salah satunya menggelar vaksin booster untuk lansia,” ujar Plt. Dirut RSD. dr. Soebandi dr. Hendro Sulistijono MM. M.Kes Sabtu (10/12).
Kegiatan vaksinasi yang digelar selama 1 hari dengan sasaran lansia, sedikitnya 40 lansia telah divaksin booster, dengan menggunakan dosis Pfizer. “Pada kegiatan kemarin telah dilakukan vaksinasi kepada 40 orang sasaran yang diberikan vaksin dengan jenis vaksin Pfizer. Karena kita ketahui bersama bahwa turunnya angka kesakitan dan kematian karena Covid-19 seperti yang kita rasakan saat ini,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Jember ini menyatakan, selain menggelar vaksin di rumah sakit, pihaknya juga akan terus melakukan gerilya agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan vaksinasi secara lengkap, sehingga memiliki kekebalan terhadap Covid-19.

“Apalagi dari Kemenkes sudah diprediksi, seiring terus bertambahnya kasus (covid-19) baru dalam beberapa bulan ini, akan terjadi puncak penyebaran pada akhir tahun ini, sehingga vaksinasi harus diupayakan berjakan secara maksimal, terutama untuk lansia yang merupakan kelompok rentan dalam masyarakat,” jelas dr. Hendro.

Pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat Jember yang membutuhkan pelayanan vaksinasi untuk lansia dan booster dipersilahkan untuk datang langsung ke Gerai Vaksinasi RSD dr. Soebandi hanya dengan membawa KTP atau sertifikat/kartu vaksinasi sebelumnya.

“Silahkan datang ke gerai vaksinasi di rumah sakit dr. Soebandi dengan hanya membawa KTP atau sertifikat vaksin sebelumnya, untuk yang jauh bisa mendatangi Puskesmas terdekat,” pungkas dr. Hendro.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)