Banda Aceh, Aktual.com – Kepala Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang (RSGS), Intan Melya mengatakan penguatan dalam keluarga sangat penting diciptakan dalam membangun keberfungsian sosial guna menghadapai masa lanjut usia (Lansia).

“Untuk menciptkan keberfungsian sosial, penguatan keluarga, maka setiap anggota keluarga harus lebih mendekatkan diri kepada pendekatan agama. Keluarga sangat utama untuk diurus terutama untuk anak dan lansia,” kata Intan, di Banda Aceh, Sabtu (24/8).

Ia menjelaskan, selain mengedepankan kedekatan agama dalam sebuah keluarga, penting juga seseorang untuk mendapatkan pembekalan pendidikan serta sosialisasi tentang betapa pentingnya orang tua dalam sebuah keluarga masing-masing.

“Perubahan sekarang terjadi jika lansia sudah menggangu stabilitas keluarga itu langsung diarahkan masuk ke panti lansia,” katanya.

Dengan demikian, kata Intan, masyarakat perlu diedukasikan bahwa mengerahkan orang tua ke panti lansia itu merupakan pilihan terakhir, dan hal utama lebih dulu dilakukan yakni penguatan keluarga.

(Abdul Hamid)