Gubernur Jawa Timur, Soekarwo (AH Budiawan/Aktual.com)

Surabaya, Aktual.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengambil langkah cepat untuk tangani gempa bumi yang terjadi di kawasan Situbondo.

Gempa di Timur Laut Situbondo, Jawa Timur, menyebabkan sejumlah rumah warga rusak, termasuk di wilayah yang berada di sekitar Situbondo seperti Sumenep dan Pulau Madura.

Setalah melakukan rapat terbatas dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), Seokarwo memutuskan untuk meninjau secara langsung lokasi bencana yang ada di Pulau Sapudi Sumenep.

“Kami memutuskan berangkat dengan Kapolda dan Pangdam ke lokasi bencana di Pulau Sapudi,” kata Soekarwo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/10).

Bencana gempa bumi yang berlangsung pada Kamis dini hari tadi memang meluluhlantakkan banyak bangunan di pulau Sapudi Sumenep.

Untuk itu, Soekarwo memastikan, pembangunan rumah yang rusak itu akan dilakukan secepat mungkin. Sementara untuk korban meninggal, Seokarwo akan memberikan santunan.

“Rumah rusak langsung dibangun oleh Pemprov hari ini juga. Yang sakit langsung ditangani serius dengan dokter. Yang meninggal langsung diberikan santunan awal 5 juta,” ungkap Soekarwo.

Gubernur dua periode yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengaku telah menelepon Camat Gayam, pulau Sapudi tentang kondisi di sana. Pakde Karwo meminta agar segera dilakukan pendataan secara detail berapa jumlah rumah rusak dan berapa korban luka dan yang meninggal

“Hari ini tim lengkap langsung berangkat untuk melakukan rehabilitasi semua dan masyarakat tidak boleh menunggu lama harus segera teratasi” demikian Soekarwo.

(Teuku Wildan)