Ilustrasi Pegawai menghitung uang pecahan seratus ribu rupiah

Jakarta, Aktual.com – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore menguat seiring Bank Indonesia (BI) yang mempertahankan suku bunga acuan.

Rupiah ditutup menguat 11 poin atau 0,08 persen ke posisi Rp14.661 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.672 per dolar AS.

“Rupiah menguat oleh melemahnya dolar AS. Keputusan BI sebenarnya justru menekan rupiah karena data inflasi terakhir sudah mencapai sebesar 3,47 persen,” kata Analis DCFX Futures Lukman Leong saat dihubungi di Jakarta, Selasa (24/5).

Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 3,5 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 23-24 Mei 2022.

Bank sentral juga tetap mempertahankan suku bunga lainnya, yakni deposit facility di level 2,75 persen dan suku bunga lending facility di level 4,25 persen.

“Apabila data inflasi ke depannya masih melonjak seperti bulan lalu, maka BI akan kesulitan mempertahankan suku bunga,” ujar Lukman.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun 1,04 persen menjadi 102,07. Dolar AS juga tertekan karena mata uang sensitif risiko seperti dolar Australia dan sterling menguat.

Presiden Federal Reserve (Fed) Atlanta Raphael Bostic mengindikasikan pada Senin (23/5) kemarin bahwa ekonomi dapat merespon dengan cepat terhadap kenaikan suku bunga The Fed, yang pada gilirannya membantu mengekang permintaan dan inflasi.

Bank sentral AS juga akan merilis risalah dari pertemuan terbaru yang dijadwalkan pada Rabu (25/5).

“Selain kenaikan suku bunga, investor mencermati resesi di AS dan EU, perang Ukraina, China zero covid policy, dan akhir-akhir ini ketegangan China AS akan Taiwan,” kata Lukman.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp14.661 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.641 per dolar AS hingga Rp14.668 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Selasa menguat ke posisi Rp14.653 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.665 per dolar AS.

(Arie Saputra)