Ciamis, Aktual.comAkhir pekan di Provinsi Jawa Barat terasa sangat menarik karena terdapat Kegiatan Ganjar Pranowo Ethnic Carnival yang berlangsung di Kabupaten Ciamis.

Selain di Ciamis, Kota Banjar juga menggelar kegiatan senam sehat bersama yang berlangsung pada Sabtu (19/11).

Ribuan warga Jawa Barat yang memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo itu ikut turut memeriahkan setiap rangkaian acara yang diselenggarakan bersama Sahabat Ganjar.

Selain itu, deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo untuk kontestasi tahun 2024 juga dilakukan oleh Komunitas Budaya Sunda.

Perwakilan dari Komunitas Sunda Sandi, menyampaikan rasa syukurnya dapat menjadi bagian dalam menyemarakkan dukungan kepada Ganjar Pranowo melalui kegiatan karnaval ini.

“Alhamdulillah, akhirnya kami Komunitas Budaya Sunda bisa ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Sahabat Ganjar di Kabupaten Ciamis. Menurut kami Pak Ganjar sangat peduli terhadap kebudayaan Nusantara, maka salah satu dukungannya hadir dari Kabupaten Ciamis” imbuh Sandi dalam keterangannya, Sabtu (19/11).

Mengambil konsep pesta budaya rakyat, kegiatan ini juga menampilkan karnaval dari Budaya Bebegig dengan melibatkan para penggiat seni budaya Jawa Barat.

Fasa perwakilan dari penggiat seni bebegig melihat kegiatan ini merupakan ajang apresiasi dan memperkenalkan budaya lokal yang sangat baik untuk laksanakan.

“Sangat penting sekali kegiatan semacam ini diadakan di seluruh Indonesia, khususnya di Ciamis. Karena Indonesia sangat kaya akan budaya, salah satunya bebegig ini merupakan ciri khas kabupaten Ciamis,” imbuh Fasa.

Selain itu, 500 masyarakat di Kota Banjar juga semarakan kegiatan untuk mendukung Ganjar Pranowo melalui senam sehat bersama.

Ketua DPC Kota Banjar, Imas Roslina menjelaskan mengapa kegiatan senam dipilih untuk mencari dukungan untuk Ganjar Pranowo.

“Selain untuk memperkenalkan sosok Pak Ganjar Pranowo kepada masyarakat kota banjar, ibu-ibu bersama Komunitas Senam di sini juga sangat antusias atas kedatangan Sahabat Ganjar,” buka Imas.

“Kegiatan Senam Sehat ini sangat positif untuk Kesehatan terutama untuk menjaga kebugaran tubuh. masyarakat disini juga sudah rutin mengadakan senam sehat bareng sebelum berkatifitas,” tambah Imas.

Provinsi terakhir yang menyemarakan kegiatan di akhir pekan kali ini adalah di Pasar Legi, Kota Solo, Jawa Tengah.

Pada kegiatannya, Ketua DPC Surakarta Tri Mardianto mengungkapkan deklarasi dukungan sudah dilangsungkan berulang kali untuk mengawal Ganjar Pranowo sampai menjadi Presiden.

“Ini merupakan kegiatan yang ke kesekian kalinya, karena sudah hampir 1 tahun ini kami rutin berkegiatan untuk melakukan seruan mendukung Ganjar Pranowo,” ungkapnya.

Tri Mardianto juga menegaskan, sudah banyak kegiatan yang dilangsungkan di Surakarta guna mengajak masyarakat mendukung Ganjar Pranowo.

“Untuk deklarasi dukungan pernah juga kita lakukan bersama emak-emak komunitas senam sehat. Selain deklarasi dukungan di solo juga pernah melakukan aksi sosial untuk sebar sembako bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19, berbagi laptop untuk siswa smk yang berprestasi, kompetisi mobile legends offline menghadirkan 16 tim, dan pernah juga melaksanakan lomba TIK untuk siswa-siswi SMK jurusan TKJ di hotel novotel dan beberapa agendan sosial lainnya,” jelasnya.

Dengan inovasi-inovasi yang dilakukan Sahabat Ganjar, besar harapannya seluruh golongan masyarakat ikut bergerak dan mendukung Gubernur Jawa Tengah tersebut menuju Presiden Indonesia.

(Wisnu)