Jakarta, Aktual.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo adalah salah satu elite politik yang sering melakukan inovasi-inovasi kreatif serta melek akan dunia digital.

Melihat fakta tersebut, Sahabat Ganjar menggelar rangkaian kegiatan bersama milenial di 4 Provinsi sekaligus Kamis (22/12). Adapun Provinsi tersebut meliputi Lampung, Banten, Jawa Barat sampai Jawa Timur.

Bertempat di Kota Metro, Lampung, relawan Ganjar yang terus berinovasi ini mengenalkan cara mendaur ulang sampah plastik hingga menjadi kerajinan tangan dan budidaya jamur tiram.

Salah satu peserta kegiatan daur ulang sampah bernama Sukisman, menyebutkan beberapa jenis sampah yang bisa didaur ulang. “Sampah yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik,” ucap Sukisman dalam keterangannya yang dikutip, Jumat (23/12).

Selain itu, kegiatan berlanjut dengan pengenalan budidaya jamur tiram. Para petani jamur menjelaskan proses dari mulai pembuatan media jamur, pembibitan, perawatan, panen sampai penjualan.

Ghofur, salah satu petani jamur tiram ini menyebutkan beberapa jenis jamur yang bisa diolah sebagai makanan sehari-hari. “Terdapat Jamur Tiram, Jamur Sawit, Jamur Merang, Jamur Jangel,” jelas Ghofur.

Dirinya juga menyebutkan beberapa jenis olahan Jamur Tiram yang sering ditemui dipasaran. “Beberapa Olahan Jamur Tiram meliputi Jamur Krispi, Jamur Tumis, Jamur Opor, Mpek mpek Jamur,” pungkas Ghofur.

Sementara itu di Kabupaten Garut, relawan Ganjar yang terus berinovasi ini melakukan workshop untuk wirausahaan muda untuk memajukan UMKM.

Ratih menjadi salah satu anggota komunitas tersebut menyampaikan pesan dan kesan selama kegiatan ini berlangsung. “Kami anak muda merasa dipedulikan dan dirangkul sebagai UMKM pemula,” ungkap Ratih.

Komunitas Wirausaha Muda juga bersedia memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju Pilpres pada tahun 2024 mendatang

“Bapak Ganjar juga sangat aktif membangun UMKM khususnya pemula seperti kami, Kami sangat mengagumi dan mengapresiasi beliau. Semoga tahun 2024 nanti, Bapak Ganjar Pranowo dapat menjadi Presiden” tambah Ratih.

Tidak hanya itu, Sahabat Ganjar juga menjumpai Komunitas Layang-layang di Kabupaten Garut dalam kegiatan workshop cara pembuatan layang-layang dan menerbangkan layang-layang bersama.

Selain kegiatan di Lampung dan Garut, relawan Ganjar yang dekat dengan semua golongan ini menggelar kegiatan lainnya di Provinsi Banten dan Jawa Timur.

Adapun kegiatan yang berlangsung antara lain kegiatan deklarasi komunitas sepakbola dan workshop safety riding di Kabupaten Serang Banten dan deklarasi dukungan komunitas voli dan pengenalan pembuatan kripik singkong di Kabupaten Pamekasan.

(Wisnu)