Beranda Life Sahabat Polisi Indonesia Ikut Ramaikan Ajang Run & Ride for Independence Day...

Sahabat Polisi Indonesia Ikut Ramaikan Ajang Run & Ride for Independence Day 2022

Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia Fonda Tangguh bersama Ketua Panitia Penyelenggara RFID 2022 Patricia Meilyn (IST)

Jakarta, aktual.com – Sahabat Polisi Indonesia ikut meramaikan ajang olahraga Run & Ride for Independence Day (RFID) 2022 yang digelar Minggu (14/8) pagi. Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh menjadi salah satu peserta utama event yang menggabungkan olahraga lari dan bersepeda itu.

Menurut Fonda, penyelenggaraan event ini menjadi upaya untuk merayakan pulihnya kesehatan dan semangat olahraga bangsa Indonesia pasca Covid-19. Sekaligus menjadi agenda untuk menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

“Sahabat Polisi Indonesia ikut meramaikan event RFID 2022 yang popular dan melibatkan banyak pihak ini. Kami percaya olahraga adalah kunci agar tubuh tetap sehat dan mampu melawan virus Covid-19,” katanya dalam keterangan tertulis.

Sementara  itu, Ketua Panitia Penyelenggara RFID 2022 sekaligus founder M3KOM Group, Patricia Meilyn  menyebut pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir mengubah tatanan hidup semua orang, termasuk dalam kegiatan berolahraga. Meskipun tidak bisa dilakukan di ruang publik, masyarakat akhirnya tetap berupaya melakukan kegiatan rutin berolahraga dengan medium apapun. Menurut Meilyn, olahraga merupakan kunci untuk menjaga kebugaran dan menjaga tubuh tetap sehat.

“Dengan berolahraga, kekebalan tubuh dapat meningkat sehingga tidak mudah jatuh sakit dan mencegah stress. Seperti diketahui, stress dapat menurunkan kekebalan tubuh. Dengan berolahraga sistem kardiovaskular meningkat, tekanan darah menurun, dan menjaga berat badan. Selain itu juga bermanfaat menjaga saluran pernapasan dan paru-paru untuk mencegah berbagai penyakit respiratori,” ujarnya.

Penyelenggaraan RFID 2022 secara offline ini dibagi menjadi dua nomor yaitu lari dan bersepeda. RFID 2022 mengusung jarak yang unik menyesuaikan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun. Untuk nomor lari menempuh jarak 7,7K sedangkan sepeda menempuh jarak sejauh 77K.

“Dengan bangga dan bahagia kami M3Kom Group persembahkan acara lari tahunan RFID ini untuk pecinta olahraga lari dan sepeda Indonesia. Event tahunan yang kami selenggarakan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia. Kami berharap semua peserta bisa mencapai garis finish lancar, sehat dan bahagia, juga dengan energi baru menyambut hari kemerdekaan Indonesia ini,” kata Meilyn.

Dengan dukungan dari para sponsor dan partner, tahun ini penyelenggara membatasi target peserta yaitu sebanyak 1.000 orang demi menjaga kenyamanan peserta di area GBK. Partisipasi dalam kegiatan ini, meliputi peserta RFID pada tahun sebelumnya, peserta baru, pecinta olahraga, komunitas pelari dan komunitas pesepeda. Untuk nomor lari, peserta dibagi menjadi dua kategori yakni Public, yaitu peserta berusia 45 tahun atau kurang dan Master, yakni peserta berusia lebih dari 45 tahun.

Khusus nomor lari, panitia penyelenggara menyediakan total hadiah sebesar Rp 18,5 juta untuk tiga pemenang laki-laki dan perempuan di masing-masing kategori Public dan Master. RFID 2022 juga diramaikan dengan perayaan khas Kemerdekaan RI seperti Lomba 17an, Senam 17an dan hiburan menarik lainnya.

Ajang RFID pertama kali diselenggarakan pada 2019 dengan nomor lari. Merebaknya pandemi Covid-19 secara global tidak membuat penyelenggaraan RFID absen.

(Megel Jekson)