Sebanyak 393 calon jemaah haji Embarkasi DKI Jakarta kloter pertama ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Jumat (28/7/2017) pukul 08:30 lewat Bandara Halim Perdanakusuma dan untuk tahun ini, jumlah jemaah haji Embarkasi Pondokgede sebanyak, 24.834 orang atau 63 kloter. Ini terdiri dari Calhaj DKI sebanyak 7.952 orang (21 kloter), Calhaj Banten 9.493 orang atau 24 kloter dan Calhaj Lampung 7.074 orang atau 18 kloter. AKTUAL/Munzir

Medan, Aktual.com – Seorang jamaah calon haji (calhaj) asal Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, bernama Fachruddin (60), wafat karena mengalami sakit perut, saat berada di kampung halamannya di daerah tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Sidempuan, Syafruddin Siregar mengatakan calhaj itu mengalami sakit perut pada saat acara pemberangkatan dari Padang Sidempuan tujuan Asrama Haji Medan, Jumat (19/7).

Ia menjelaskan calhaj tersebut sempat mendapat perawatan di sebuah rumah sakit di Kota Padang Sidempuan.

“Selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, namun pada hari Sabtu (20/7) sekira pukul 17.00 WIB, jamaah itu, meninggal dunia,” ujarnya, Sabtu (20/7).

Calhaj tersebut kemudin langsung dibawa pihak keluarga ke Padang Sidempuan untuk dikebumikan di pemakaman umum, yang direncanakan pada Minggu (21/7) siang.

“Jamaah tersebut meninggal dunia sebelum memasuki Asrama Haji Medan,” katanya.

Syafruddin menambahkan, calhaj itu tergabung pada kelompok terbang (Kloter) 09 Embarkasi Medan.

Calhaj asal Kota Padang Sidempuan yang tertua adalah pasangan suami isteri Kartawi (105) dan Karitem (104). Sedangkani termuda atas nama Zulkifkli Muda Nasution (26), warga Padang Sidempuan.

Jumlah calhaj dari Kota Padang Sidempuan tercatat 381 orang yang berangkat ke Mekkah.

Rombongan calhaj kloter 09 Embarkasi Medan bertolak ke Mekkah dari Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (21/7) sekira pukul 06 WIB dan diilepas oleh Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, kata Syafruddin Siregar.

Keseluruhan warga Sumatera Utara yang berangkat ke Tanah Suci pada 2019 ini tercatat 8.641 orang.

(Abdul Hamid)