Jakarta, Aktual.com — Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Tri Djoko Sri Margianto tidak mau disalahkan atas gunungan sampah yang ada di pinggir Kali Ciliwung, Cipinang, Jakarta Timur. Menurutnya, sampah tersebut bukanlah tugas Dinas Tata Air.

“Kan soal sampah ya, cuma kebetulan sampahnya ada di pinggir kali. Jadi, ya memang seharusnya di Dinas Kebersihan, apalagi kan ada UPT Sampah. Kalau pengerukan sungainya baru ada di kita,” kata Tri kepada wartawan, Selasa (15/9).

Tri sendiri mengaku tidak ingat apakah Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pernah memerintahkan  mengangkut gunungan sampah yang ada di pinggir Kali Ciliwung, Cipinang, Jakarta Timur tersebut.

“Pak Gubernur kan bilang udah pernah ngasih perintah ke saya, nanti saya cek dulu. Mungkin memang pernah, tapi kok saya engggak ingat ya. Mungkin saya yang lupa. Apalagi saya kan baru dua bulan,” ungkapnya.

Sebelumnya, sampah yang menggunung di Kali Ciliwung akhirnya diangkut setelah 30 tahun. Pekerjaan mengeruk sampah itu dilaksanakan pada Minggu, 13 September 2015. Pekerjaan itu disaksikan langsung oleh Wali Kota Jakarta Timur, Lurah Kampung Dukuh dan Lurah Kampung Rambutan.

(Arbie Marwan)