Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kanan) saat hadir peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno enggan membahas lagi soal utang Anies Baswedan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta Tahun 2017.

“Setelah saya salat istikharah, setelah saya menimbang berkoordinasi dengan keluarga, saya tidak ingin melanjutkan pembicaraan mengenai ini dan lebih baik nanti para pihak yang mengetahui untuk bisa menyampaikan,” kata Sandiaga usai menghadiri Puncak Resepsi Satu Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2).

Sandiaga mengatakan saat ini dirinya ingin fokus menatap masa depan dan tak ingin lagi mengungkit masa lalu. Apalagi, sebentar lagi akan ada Pemilu 2024.

“Tapi bagi saya sekian dan saya fokus menatap masa depan. Kontestasi demokrasi sebentar lagi, mari kita tatap masa depan dengan penuh suka cita dan gembira,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu.

Dia menegaskan hubungannya dengan mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga kini masih bersahabat dengan baik.

“Tentunya sebagai seorang sahabat. Sekarang saya tugasnya di kementerian dan tugas saya untuk membangkitkan ekonomi dan mengawal momentum dari kebangkitan pariwisata Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.

Puncak Resepsi Satu Abad NU digelar 24 jam nonstop di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Acara itu dihadiri berbagai tokoh penting, di antaranya Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, serta istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid.

Hadir pula Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

(Arie Saputra)