Jakarta, aktual.com – Satuan Tugas (Satgas) Air Bersih Provinsi DKI Jakarta bekerja maksimal untuk mengatasi persoalan air bersih di dua kelurahan di Jakarta Utara.

“Dua wilayah yang dilayani, yakni Kelurahan Pejagalan dan Kelurahan Kamal Muara di Kecamatan Penjaringan,” kata Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Sigit menjelaskan, dua kelurahan itu bukan dalam status kekeringan, tetapi kekurangan air bersih karena intrusi air laut yang cukup tinggi. Akibatnya kualitas air tanah kurang baik untuk kebutuhan harian masyarakat.

“Satgas menyalurkan air bersih ke tandon masyarakat. Sebelumnya mereka melapor jika kekurangan air,” ujar Sigit.

Sigit mengatakan, dua kelurahan itu sedang menunggu penyelesaian pipanisasi untuk distribusi air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Semoga paling lambat akhir tahun ini,” kata Sigit.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Satgas Air Bersih DKI Jakarta beranggotakan 1.162 personel gabungan dari berbagai instansi, unsur pemerintah maupun non-pemerintah.

Instansi itu antara lain Dinas Kehutanan, Dinas Sumber Daya Air, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PAM Jaya dan sejumlah mitra dari Lurah, PPSU, hingga perwakilan RT/RW.

“Masyarakat atau pihak kelurahan dapat melaporkan kebutuhan air bersih akibat kekeringan melalui telepon ke call center Jakarta Siaga 112 dan melalui aplikasi Jakarta aman lewat fitur “LAPOR”,” kata Anies. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)