Pekanbaru, Aktual.com – Satuan tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwarda Riau mengadakan pelatihan Water Rescue yang bekerjasama dengan Basarnas Kota Pekanbaru di Danau Khayangan Rumbai Pekanbaru, Ahad (8/1).

Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan dan skill para anggota Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau dalam hal kemampuan dasar pertolongan di air. Adapun yang jadi pemateri pada kegiatan Water Rescue adalah Kak Adi Barmana dari Basarnas Kota Pekanbaru didampingi Kak Muhammad Abdul Fajar.

Kak Adi Barmana juga diketahui merupakan Kabid Penanggulangan Bencana Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau. Kegiatan ini diikuti oleh Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau dan Dewan Kerja Daerah (DKD) Riau.

Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau, Kak Ismed Ainuni menyampaikan adapun tujuan utama kegiatan ini adalah Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau memiliki basic (dasar) dalam pertolongan di air.

“Dan kalau dilihat hampir setiap bencana yang terjadi di wilayah Riau ini sebagian besar adalah banjir,” terang Kak Ismed.

Kak Adi Barmana dari Basarnas Pekanbaru sebagai pemateri menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini ada lima poin yang harus dapat dipelajari sebagai basic water rescue.

“Pertama, metode pertolongan di air. Kedua, metode release dan defense dalam menolong korban di air. Ketiga, teknik memindahkan korban. Keempat, mengenal, menggunakan dan cara membawa alat-alat keselamatan seperti perahu, mesin tempel motor,” jelasnya.

“Sedangkan yang kelima adalah teknik resusitasi jantung dan paru,” tutup Kak Adi Barmana.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.30 WIB.

(Ikhwan Nur Rahman)