Jakarta, Aktual.co — Satpol PP Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menggelar operasi penambang pasir bermesin di Bengawan Solo di Desa Brenggolo, Kabupaten Bojonegoro, didukung oleh petugas di daerah itu, Rabu (21/10).
“Ada sekitar 100 personel gabungan, di antaranya, satu peleton (sekitar 30 personel) dari Satpol PP Pemprov Jatim, yang terlibat dalam operasi penambang pasir bermesin di Bengawan Solo,” kata Kepala Badan Satpol PP Pemkab Bojonegoro Kusbiyanto di lokasi operasi di Bojonegoro.
Ia menjelaskan operasi penambang pasir bermesin di Bengawan Solo langsung ditangani Satpol PP Pemprov Jatim, tetapi memperoleh dukungan petugas di daerah, mulai Satpol PP pemkab, Kodim 0813 dan Subden Pom di Bojonegoro.
“Ada lebih dari tiga unit peralatan mesin untuk menambang pasir yang masih dalam proses diamankan. Tapi kita belum tahu siapa pemiliknya,” jelasnya.
Ia juga membantah kalau pemilik peralatan penambang pasir mesin di Bengawan Solo, yang diamankan di Desa Brenggolo, Kecamatan Kalitidu, milik anggota TNI.
Menjawab pertanyaan, ia mengaku belum tahu apakah pemilik peralatan penambang pasir mekanik yang berhasil diamankan di Desa Brenggolo, Kecamatan Kalitidu, akan diproses secara hukum.
“Kita belum tahu, sebab masih proses pengamanan peralatan mesinnya, juga mencari tahu pemiliknya,” ujarnya, menegaskan.

()

()