Foto arsip - Pebalap Indonesia Aiman Cahyadi usai perlombaan SEA Games 2019. ANTARA/HO/Tim CdM Indonesia

Hanoi, Aktual.com – Pebalap sepeda Aiman Cahyadi memperebutkan medali emas cabang olahraga balap sepeda nomor Mens Road Individual Time Trial SEA Games 2021 yang berlangsung di Hoa Binh, Vietnam, Jumat.

Aiman yang meraih medali emas pada SEA Games 2019 Filipina bersama pebalap sepeda Indonesia Dealton Prayogo Nurarif akan berlomba di nomor yang sama.

Pada nomor Womens Road Individual Time Trial, dua pebalap sepeda diturunkan, yakni Ayustina Priatna Deli dan Dewika Sova Mulia.

Sampai saat ini, Tim Balap Sepeda Indonesia telah meraih total dua medali emas dan dua medali perak.

Zainal Fanani dan Ihza Muhammad berhasil menyumbang emas dan perak pada nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra.

Tampil di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, Senin (16/5) lalu, Zaenal Fanani menjadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 1 jam 16,41 menit.

Sementara Ihza Muhammad finis di urutan kedua setelah melibas empat lap trek sejauh 5,2 KM (total 20,8 KM) dengan catatan waktu 1 jam 19,14 menit atau terpaut 2 menit 33 detik dari Fanani.

Sebelumnya, emas juga diraih Tiara Andini Prastika yang turun pada nomor Downhill Putri, sementara perak dari Andy Prayoga melalui Downhill Putra.

Wakil Ketua Umum PB ISSI Brigjen Pol Suyudi Ario Seto yang memberikan dukungan langsung di Vietnam mengapresiasi perjuangan dan pencapaian atlet Indonesia.

Dia berharap pada nomor selanjutnya Indonesia bisa meraih emas dan target yang dicanangkan bisa terealisasi.

“Semoga selanjutnya untuk disiplin road juga bisa meraih medali emas, sehingga target kami bisa tercepat pada SEA Games Vietnam,” kata Suyudi.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)