Muara Enim, Aktual.com- Pemerintah Kabupaten (pemkab) Muara enim bersama PT Bukit Asam ( PTBA)Tbk. Kembali Merelokasi 188 Kepala keluarga (KK) yang tinggal di sekitar wilayah lokasih tambang PTBA pada sabtu kemarin (01/05).

Relokasi 188 kepala keluarga Tersebut merupakan warga yang bertempat tinggal di Karang Tinah dan Dok Mutik, Kelurahan Pasar Tanjung Enim serta warga Bedeng Obak, Desa Lingga kemudian direlokasi ke Perumahan Bara Lestari, Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul.

PLH Bupati Muara enim (H.Nasrun Umar) Menyerahkan Kunci rumah secara simbolis kepada warga

Kegiatan tersebut Secara Simbolis dipimpin langsung oleh PLH bupati muara enim H.Nasrun Umar Bersama Dirut PTBA Suryo Eko Hadianto Serta Ketua Dprd Muara enim dan jajaran Forkompinda lainya yang bertempat di bedeng obak Kecamatan lawang kidul.

Dalam sambutannya Dirut PTBA Suryo Eko Hadianto menyampaikan bahwa relokasi ini merupakan lanjutan dari program yang telah dimulai sejak 2014 lalu.

Saat itu sekitar 428 KK warga Karang Tinah, Dok Mutik dan Bedeng Obak telah berhasil dipindahkan ke Perumahan Bara Lestari.”Terangnya.

Selanjutnya pada 2021 ini terdapat 188 KK lagi direlokasi secara bertahap yang dimulai pada 1 Mei ini. Untuk itu menurutnya PTBA telah menyiapkan 163 rumah layak huni yang terdiri dari 50 rumah tipe 21 dan 113 rumah tipe 34, sisanya akan dipindahkan pada tahap berikutnya.”ungkap Dirut PTBA.

Lebih lanjut Dirut PTBA mengucapkan terima kasihnya atas dukungan Pemkab Muara Enim selama proses relokasi.
Menurutnya selama ini Pemkab Muara Enim telah mampu memfasilitasi dan menjembatani hubungan antara perusahaan dengan masyarakat sehingga kepentingan kedua belah pihak dapat sejalan dan diakomodir.”Tutupnya.

Pada kesempatan itu juga dalam sambutan nya PLH Bupati H. Nasrun Umar berharap warga yang selama ini tinggal disekitar lokasi tambang dapat memiliki kehidupan yang lebih layak, nyaman dan terhindar dari risiko longsor maupun debu.

Menurutnya semua usaha PTBA dan Pemkab. Muara Enim ini tak lain bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat, demi membangun peradaban (civilization), mendatangkan kemakmuran (prosperity) dan membawa masa depan yang lebih cerah (brighter future).

Plh Bupati pun memberikan apresiasi atas kepedulian dan sumbangsih PTBA terhadap pembangunan di Kabupaten Muara Enim, terutama dalam merelokasi warga disekitar tambang ke tempat yang lebih baik.

Dirinya berharap relokasi ini dapat tepat sasaran dengan dihuni oleh warga yang memang berhak dan mendoakan agar warga dapat hidup bahagia di pemukiman baru.

Nasrun umar berpesan kepada warga jika nantinya terdapat hal-hal yang masih kurang ataupun dianggap belum sesuai harapan, maka hendaknya dapat duduk bersama menyampaikan secara baik.

Dirinya meyakinkan bahwa Pemkab. Muara Enim akan selalu siap hadir mencari solusi yang tepat dan menjembatani kepentingan warga maupun pihak perusahaan sehingga hubungan kedua belah pihak tetap terjaga dengan baik.”Tutup Nasrun umar Plh Bupati Muara enim.

Rangkaian prosesi acara tersebut di tutup dengan penyerahan kunci rumah secara simbolis oleh PlH bupati bersama dirut PTBA serta jajaran Forkompinda kabupaten muara enim.

(Apriansyah)