¬†Jakarta, Aktual.com –¬†Memiliki bisnis tak hanya fokus pada pemasarannya, tetapi juga pada kondisi keuangan dan cara mengaturnya. Untuk itu, penting sekali untuk memiliki aplikasi stok barang terutama pada perusahaan dagang.

Perusahaan dagang harus bisa menyusun segala perencanaan pada kegiatan perusahaan sebagai salah satu dasar pembuatan keputusan dengan menganalisa laporan keuangan.

Penyusunan laporan keuangan melalui siklus akuntansi dari pengumpulan bukti transaksi hingga pencatatan sampai terbentuknya laporan keuangan. Hal ini akan menjadi sulit jika Anda tidak mengetahui siklus akuntansi.

Kini, sudah banyak sekali aplikasi stok barang dan akuntansi yang bisa membantu pekerjaan Anda dalam proses penyusunan laporan keuangan. Di artikel ini, akan banyak membahas tentang penyediaan laporan keuangan pada perusahaan dagang.

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang memiliki kegiatan usaha berupa transaksi pembelian lalu di produk akan dijual kembali tanpa mengubah bentuk. Beberapa yang digolongkan dalam perusahaan dagang seperti toko swalayan, toko retail, distributor, toko belanja grosir, dll.

Manajemen persediaan atau stok (inventory) adalah hal yang terpenting dalam perusahaan dagang, karena nantinya akan tersajikan laporan stok dan laporan keuangan sehingga pelaku bisnis bisa mengambil keputusan bisnis tersebut.

Dalam bidang bisnis terutama pada perusahaan dagang, kebutuhan akan laporan keuangan dalam hal persediaan dan laporan akuntansi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Hal ini karena kedua laporan tersebut adalah hal penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan dagang. Alasannya karena persediaan barang adalah aktiva perusahaan yang utama karena mayoritas modal atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan dagang berwujud barang.

Hal yang tak kalah penting selain menggunakan aplikasi stok barang sederhana adalah laporan keuangan. Laporan keuangan yang buruk lalu tidak tersusun rapi serta tidak tercatat dengan baik akan berdampak pada kondisi keuangan perusahaan.

Maka, jika laporan keuangan yang Anda miliki tidak cukup akurat, maka akan berdampak pada kesalahan dalam pengambilan keputusan yang cukup strategis yang nantinya akan mengakibatkan kerugian bagi usaha bisnis tersebut.

Selain itu, akan ada banyak perusahaan yang bangkrut dikarenakan kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Jenis Aplikasi Stok Barang Laporan Keuangan

(Advertorial)

1
2
3
4
5
6