Yogyakarta, Aktual.com – Sejumlah ruas jalan di seputar Tugu Yogyakarta akan ditutup sementara selama pelaksanaan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) pada Jumat (7/10) malam yang menjadi puncak acara rangkaian peringatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.

“Saat kegiatan berlangsung, akan dilakukan manajemen lalu lintas dengan penutupan sejumlah ruas jalan dari berbagai sisi yang dimulai pukul 17.00 WIB hingga sekitar pukul 22.00 WIB,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Rabu (5/10).

Menurut dia, penutupan sejumlah ruas jalan di lokasi utama penyelenggaraan karnaval berkonsep street art tersebut akan memberikan dampak pada peningkatan kepadatan lalu lintas di ruas jalan lainnya.

Namun demikian, Golkari mengatakan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta bersama Polresta Yogyakarta akan menerjunkan petugas untuk membantu mengatur dan mengarahkan pengguna jalan agar tidak semakin terjebak kepadatan lalu lintas.

Selain itu juga akan dilakukan pengaturan durasi lampu lalu lintas dari ruang kontrol di Kantor Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, sehingga arus lalu lintas diupayakan tetap lancar.

Penutupan jalan di sisi barat akan dimulai dari simpang Pingit, sedangkan di sisi utara dilakukan dari simpang Jetis dan dari sisi timur akan dilakukan dari simpang empat Gramedia serta di simpang Jalan C Simanjuntak.

Penutupan juga akan dilakukan di sekitar Jembatan Gondolayu, seperti Jalan Sabirin, Jalan Dewa Nyoman Oka dan Jalan Faridan M Noto karena lokasi tersebut digunakan sebagai tempat persiapan peserta WJNC.

“Penutupan di simpang Pingit akan menimbulkan dampak pada kepadatan di Jalan Magelang, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Kyai Mojo. Kepadatan juga diperkirakan terjadi di kawasan Terban,” katanya.

Oleh karenanya Golkari mengatakan, bagi masyarakat yang tidak berkepentingan atau tidak berencana menonton secara langsung WJNC, maka diimbau untuk menghindari ruas-ruas jalan tersebut.

“Lebih baik dihindari agar tidak terjebak kepadatan. Sedangkan bagi masyarakat yang ingin menonton secara langsung, maka lebih baik menyesuaikan jam kedatangan,” katanya.

Lokasi parkir bagi pengunjung disediakan di Jalan Poncowinatan dan Jalan Kranggan. “Lokasi parkir tidak jauh dari Tugu. Untuk tamu undangan, kami siapkan parkir di Jalan Diponegoro,” katanya.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)