Jakarta, Aktual.comSatuan Polresta Metro Jakarta Barat menangkap tiga tersangka spesialis pembobol rumah kosong (rusong) di kawasan Tanjung Duren lantaran menggasak uang dan emas seberat lima kilogram.

“Pelakunya (spesialis pembobol rumah kosong) empat orang, tapi yang tertangkap ada tiga,” kata Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Joko Dwi Harsono saat dikonfirmasi, Jumat (8/7).

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (3/7). Kala itu empat spesialis pembobol rumah kosong yang terdiri dari Y, AM, BW dan S melakukan aksi pencurian di rumah kosong tersebut pada pukul 12.00 WIB.

Perampokan itu dilakukan setelah sebelumnya tersangka memantau rumah tersebut. Setelah dirasa aman, keempat tersangka lalu masuk ke dalam rumah dengan cara memanjat pagar. Mereka pun mencoba membongkar pintu depan rumah menggunakan linggis.

Saat masuk ke dalam, para tersangka langsung mencari barang berharga untuk dicuri. Mereka pun mendapati satu buah brankas di dalam kamar rumah tersebut.

Karena tidak bisa membuka brankas di lokasi, para tersangka memilih untuk membawa brankas tersebut.

“Mereka membawa sejumlah uang dan emas yang ada di dalam brankas tersebut,” Jelas Joko.

Polisi pun menerima laporan tersebut setelah pemilik rumah membuat laporan ke Polres Metro Jakarta Barat pada Selasa (5/7).

Selang beberapa hari, polisi akhirnya menangkap tiga tersangka di kediamannya tanpa perlawanan. Satu tersangka lain berinisial S masih dalam pencarian polisi.

Dari pemeriksaan sementara, komplotan pencuri rumah kosong ini memang sudah melancarkan aksinya beberapa kali. Uang hasil curiannya pun mereka pakai untuk kebutuhan sehari-hari hingga menyekolahkan anak ke luar negeri.

“Ada yang dibeliin rumah, ada yang buat ngirim uang untuk anaknya sekolah ke luar negeri, berapa ratus juga gitu dikirim buat anaknya,” kata dia.

Hingga saat ini, polisi masih memeriksa para tersangka untuk melengkapi berkas perkara kasus tersebut. Polisi juga masih mengejar tersangka S yang diduga kuat sebagai otak pelaku.

(Wisnu)