Ilustrasi- KA serayu berada di stasiun purwokerto

Purwokerto, Aktual.com- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menyiapkan 105.376 tempat duduk bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Setiap harinya ada 84 kereta api penumpang jarak jauh yang melintas, 12 kereta api di antaranya keberangkatan dari Daop 5 Purwokerto,” kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat dalam keterangannya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (17/12).

Menurut dia, total ada 105.376 tempat duduk yang disiapkan selama Posko Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 selama 19 hari mulai 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022.

Terkait dengan hal itu, dia mempersilakan masyarakat untuk mengecek detail perjalanan kereta api melalui aplikasi KAI Access.

Selain itu, tiket kereta api pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dapat dipesan secara daring melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, maupun kanal-kanal eksternal lainnya.

“Kami siagakan seluruh sarana, prasarana, dan SDM (sumber daya manusia) yang kami miliki untuk melayani masyarakat. PT KAI (Persero) secara maksimal tetap menitikberatkan pada penerapan protokol kesehatan bagi penumpang dan petugas serta faktor keselamatan, keamanan, dan kelancaran perjalanan kereta api,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Daop Purwokerto juga menyiapkan pos pelayanan kesehatan di Stasiun Purwokerto, Kroya, Cilacap, dan Kutoarjo, masing-masing ditangani satu orang tenaga medis dan dokter on call selama 24 jam.

Menurut dia, pihaknya juga menyediakan fasilitas pemeriksaan tes cepat antigen dengan harga terjangkau di Stasiun Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Kebumen, Sidareja, Gombong, dan Cilacap.

“Bagi calon penumpang yang membutuhkan vaksinasi, kami menyediakan layanan vaksin di Pos Kesehatan Stasiun Purwokerto yang dibuka setiap hari pada pukul 08.00-20.00 WIB dan Klinik Mediska Purwokerto setiap hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00-20.00 WIB,” katanya.

Terkait dengan antisipasi dampak musim hujan, Daniel mengatakan pihaknya menugaskan 46 orang petugas pemeriksa palur (PPJ) ekstra, 3 orang penjaga jalan lintasan (PJL) ekstra dan petugas penjaga daerah rawan ekstra sebanyak 10 orang.

Dengan demikian, kata dia, secara keseluruhan ada 59 petugas ekstra yang akan disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas Daop 5 Purwokerto.

“Kami juga menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balas atau kricak, bantalan rel, pasir, dan sebagainya yang ditempatkan di lima lokasi, yakni di Stasiun Purwokerto, Prupuk, Sidareja, Kroya, dan Kutoarjo,” katanya

(Antara)

(Arie Saputra)