Jakarta, Aktual.com – Terkait dengan stok darah menjelang Lebaran, Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan bahwa pada saat itu biasanya berkurang karena jumlah donor juga menurun saat puasa.

Sementara itu, saat mudik Lebaran, kata Wapres, biasanya angka kecelakaan lalu lintas meningkat dan rumah sakit membutuhkan banyak darah.

Sebelumnya, Wapres dalam sejumlah kesempatan mengingatkan kebutuhan darah secara nasional adalah sekitar 5.000.000 kantong dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Selain kuantitas, kata Jusuf Kalla, kualitas dari darah yang didonorkan juga perlu diselaraskan dengan beragam standar baku internasional.

Ia mengatakan bahwa WHO sendiri memiliki sasaran agar semua negara dapat mencapai 100 persen pasokan darah seluruhnya dari donor sukarelawan.

Hari Donor Darah Sedunia itu sendiri adalah satu dari delapan kampanye kesehatan masyarakat global yang ditandai oleh WHO.

Kampanye lainnya adalah Hari Kesehatan Sedunia, Hari Tuberkolosis Sedunia, Pekan Imunisasi Dunia, Hari Malaria Sedunia, Hari Tanpa Rokok Sedunia, Hari Hepatitis Sedunia, dan Hari AIDS Sedunia.

(Ant)

()