Jakarta, Aktual.co — Presiden Joko Widodo yang baru saja dilantik menjadi pemimpin di negeri ini diharapkan dapat memenuhi harapan masyarakat yang telah menghantarkannya ke kursi RI 1.
“Modal besar dukungan publik ini kami harapkan tidak disia-siakan Jokowi,” kata Koordinator ICW Ade Irawan, Selasa (21/10).
Dia berharap, dengan dukungan besar dari masyarakat, Jokowi  dapat terbuka dalam seleksi calon kabinetnya itu, hal tersebut agar tak tersandera dengan banyaknya kepentingan. 
“Terbukanya proses ini tidak hanya menguntungkan bagi publik, tapi juga bagi Jokowi. Tekanan-tekanan ke Jokowi tidak besar karena publik ikut mengawasi,” kata dia.
Meski begitu, dia juga sangat mengapresiasi Jokowi melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pusat Pelaporan Analisis Keuangan dalam menseleksi calon menteri yang tersangkut dengan masalah.
‪”Tapi permintaan tidak cukup, harus ada penesuluran melalui lembaga lain. Seperti dirjen pajak, Komnasham, Ombudsman,” kata dia.
Jokowi, kata dia harus mau menindaklanjuti serius rekomendasi tersebut. Karena bagaimanapun, kata dia ujian yang dilakukan itu merupakan formalitas saja. 
“Misal KPK menandai merah, kuning, dan hijau. Merah dan kuning,” pungkas dia.

(Wisnu)

(Nebby)