Bandung, Aktual.com – Hujan yang mengguyur wilayah Bandung Raya sejak sore tadi membuat volume air meluap. Tak hanya itu, terjadi juga longsor yang memutus akses jalan utama ke Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Jalan Raya Kolonel Masturi yang menghubungkan Kota Ciamahi dengan Kabupaten Bandung Barat, Senin (31/10) sekitar pukul 18.30 WIB.

“Lokasinya di Desa Cikahuripan, depan rumah seniman. Material longsor menutupi bahu jalan hingga tidak bisa dilewati kendaraan roda empat atau roda dua,” kata Koordinator Humas dan Protokoler Basarnas Jabar Joshua Banjarnahor saat dihubungi. “Ada kabar juga tanggul jebol, jadi bukan tanggul jebol tapi luapan air dengan volume banyak,” lanjut dia.

Saat ini, material longsoran sudah dibersihkan dan jalan pun sudah dapat dilewati oleh kedaraan roda dua dan lebih. Pihaknya dibantu warga sekitar langsung bergotong royong membersihkan longsoran. “Pukul 19.00 WIB atau setengah jam setelah kajian kendaraan sudah bisa melintas dan material sudah dibersihkan dengan gotong royong.”

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati lantaran kondisi cuaca yang tidak diprediksi dan beberapa wilayah di Jabar rawan terjadi bencana. Badan SAR Nasional Bandung, kata dia, juga mengerahkan satu tim untuk memantau dan siaga di daerah banjir yang menggenangi badan jalan nasional Bandung-Garut di kawasan industri Rancaekek, Kabupaten Bandung dan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Tim yang dikerahkan untuk siaga memberikan pertolongan di titik banjir jalan nasional itu. “Saat ini diberangkatkan satu tim yang siaga menggunakan motor trail untuk melakulan pemantauan langsung,” kata Joshua.

Dia menuturkan, hujan yang mengguyur di wilayah itu telah menyebabkan banjir di kawasan Rancaekek sepanjang 500 meter. Banjir yang menutup badan jalan itu, kata dia, mulai dari depan pabrik Kahatex sampai gerbang komplek Jarum Super, sehingga menyebabkan kemacetan.

“Jalan Raya Bandung-Garut macet total,” katanya. Menurut dia, genangan air yang menutup badan jalan itu diperkirakan sekitar 30 sampai 50 cm.

Bahkan, lanjut dia, ketinggian air akan terus naik apabila hujan deras terus mengguyur wilayah itu. “Ketinggian genangan air antara 30-50 cm, dan akan terus bertambah jika hujan terus mengguyur,” kata dia.

Laporan : Muhammad Jatnika

(Wisnu)