ODGJ
Ilustrasi ODGJ

Jakarta, Aktual.com Orang diduga sakit jiwa atau ODGJ membuat resah warga di Jalan Puri Mutiara Raya, Cipete Selatan.

Hal itu dilaporkan seorang warga bernama Ardiansyah, yang mengalami luka memar lantaran ditendang dari sepeda motor oleh pelaku berinisial W yang diduga ODGJ.

Ardiansyah mengalami luka memar pada bagian tangan dan kaki sampai dibawa ke rumah sakit akibat kejadian ditendang ODGJ tersebut.

Tak hanya sekali, ternyata menurut Ardiansyah pelaku kerap melakukan aksinya sejak setahun lalu dengan target melukai orang secara acak di jalan yang dia hafal.

Harapan Ardiansyah, pihak Dinas Sosial, kepolisian, dan Satpol PP bisa menangani kasus tersebut sehingga tidak mengambil korban lagi.

“Mudah-mudahan bisa bener-bener diamanin gitu, jangan sampai meresahkan warga lagi,” ujarnya, Kamis (18/8).

Sementara, Kepala Sudin SosialĀ  Jakarta Selatan, Bernard Tambunan mengaku, pihaknya langsung memeriksa ke lapangan, untuk mencari orang dalam gangguan jiwa yang meresahkan pengguna jalan.

“Kami segera cek ke lapangan laporan warga terkait adanya orang gila, petugas langsung ke sana,” kata dia saat dihubungi.

Bernard mengatakan masih mengecek terlebih dahulu apakah pelaku tersebut benar orang gila. Nantinya jika terbukti pelaku adalah orang gila dan keluarga masih sanggup merawat maka Sudin Sosial Jakarta Selatan tidak akan menindak lanjuti laporan warga, kata dia.

Namun jika keluarga sudah tidak sanggup menangani maka pelaku yang diduga ODGJ tersebut akan ditangani pihak berwajib.

“Langsung kami bawa ke Rumah Sakit Jiwa Duren Sawit. Setelah sembuh dari situ baru nanti dibawa ke panti,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Cilandak Kompol Multazam dan pihak lainnya juga sedang mencari keberadaan diduga orang gila.

“Kami dari Polsek, Sudin Sosial Jaksel, dan Kecamatan Cilandak masih mencari dan pelaku yang diduga orang gila tersebut agar tidak mengganggu kamtibmas,” tuturnya.

(Wisnu)