Jember, Aktual.com – Sebanyak 300 unit rumah hunian bersubsidi yang berada diJember dan Mojokerto diserahkan oleh oihak pengembang. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, di Hotel Royal Jember, Kamis (08/12). Unit perumahan tersebut dibangun oleh salah satu pengembang perumahan di Jember maupun diluar Jember.

Menurut Hendy, Kabupaten Jember memiliki potensi tinggi untuk investasi di bidang pemukiman.
“Jember ini merupakan wilayah strategis dengan dikelilingi oleh lima kabupeten. Yakni Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang dan Probolinggo. Artinya, daya beli di Jember itu ada dan cukup tinggi. Jadi Potensi perputaran ekonomi lumayan bagus,” ujarnya.

Bupati Hendy menilai, berdasarkan kebutuhan penduduk terhadap rumah layak huni dengan harga terjangkau, rumah subsidi tentunya bisa menjadi solusi.
“Tentu ini bisa menarik para investor untuk berinvestasi di Jember. Makanya, ini peluang bagi developer dan pihak terkait untuk bisa mengembangkan rumah hunian subsidi,” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, Kabupaten Jember yang memiliki penduduk dengan jumlah 2,6 juta dan terbesar di Jawa timur, sangat berpotensi untuk dikembangkan.

“Jika ditambah dengan jumlah penduduk kabupaten lain yang mengitari Jember, tentu peluangnya lebih besar lagi. Kalau diambil 10 persen saja, itu sudah 50 ribu penduduk,” ungkapnya.

Meski demikian, berdasarkan dengan kondisi masyarakat saat ini, pangsa pasar rumah hunian pun di Jember cukup terbuka lebar.

“Di sini ada 250 rumah yang diserahkan untuk warga Jember. Dan 50 rumah lainnya untuk Mojokerto,” tandasnya.

(Aminuddin Aziz)