Jakarta, Aktual.com – Berdirinya Serikat Karyawan I-NewsTV Bersatu (SKIB) tampaknya membuat ‘gerah’ manajemen Media Nusantara Citra (MNC) Group.

Dari sumber Aktual.com di MNC, saat di tanggal 23 Desember 2015 lalu para pendiri SKIB memberitahu ke manajemen perusahaan mengenai serikat tersebut, justru bukan sambutan gembira yang diterima.

“Perusahaan justru seperti gerah, mereka tiba-tiba saja bikin pemberitahuan kalau per 1 Desember kita dimutasi. Padahal itu (kita memberitahu) sudah tanggal 23 Desember,” ujar sumber yang enggan ditulis namanya, kepada Aktual.com, Senin (2/5).

Yakni ada yang dimutasi ke Global TV. Dia menduga langkah itu dilakukan perusahaan agar mereka tidak bisa mengurus serikat lagi.

Keanehan lainnya, saat SKIB mengusulkan lima wartawan I-NewsTV yang sudah jalani status kontrak di atas tiga tahun untuk diangkat jadi karyawan. “Ternyata malah dua dipecat, sedangkan yang tiga sepertinya juga sudah ada indikasi ke arah situ (pemecatan),” kata dia.

Lanjut dia, yang tiga orang itu malah mendapat perlakuan intimidasi. Yakni dipanggil untuk disuruh bikin pernyataan kalau mereka tidak tahu soal pengusulan pengangkatan jadi karyawan tetap. “Jadi seakan pengajuan lima orang itu jadi karyawan hanya kehendak SKIB dan bukan mereka yang lima orang itu,” ucap dia.

Padahal. kata dia, lima orang itu juga anggota SKIB dan sudah menyerahkan untuk diperjuangkan lewat serikat.

Tidak terima dapat perlakuan itu, SKIB rencananya bulan depan akan mengirim surat perundingan ke pihak manajemen MNC untuk pertemuan bipartid.

Di hari buruh 1 Mei, SKIB pun ikut turun ke jalan. Antara lain mereka menuntut upah layak ke MNC Group. Ketua SKIB Iman Lesmana menyebutkan pihak MNC tidak memperhatikan kesejahteraan karyawan dan sewenang-wenang terhadap serikat.

Kata Iman, intimidasi seperti dalam bentuk pemecatan karyawan dengan masa kerja yang di UU 13/2003 Pasal 59 harusnya sudah dianggap jadi karyawan tetap. “Tapi malah di PHK akibat keikutsertaan di serikat pekerja,” kata Iman, Minggu (1/5) lalu saat aksi May Day. Ditegaskan dia, SKIB bukan musuh perusahan, melainkan sebagai mitra yang ingin berjalan bersama.

()