Jakarta, Aktual.co — Kesenian daerah Wayang Ajen Kota Bekasi, Jawa Barat, akan mewakili Indonesia pada ajang “The International Festival Alexandria for Puppets 2014” di Alexandria, Mesir 19 hingga 25 Oktober 2014.
“Kami mendapat undangan dari Pemerintah Mesir untuk tampil di festival tersebut,” kata pimpinan rombongan Wayang Ajen, Wawan Gunawan, melalui siaran pers, Senin (20/10).
Selain Indonesia, festival tersebut juga akan diramaikan perwakilan dari 10 negara lain.
Sepuluh negara lain yang berpartisipasi di festival ini antara lain Teatro de Munecos & Titirom Colombia, Finger and Thumb Show Inggris, Bajkamela Theatre Serbia, Teatro Los Claveles Spanyol, Irak, Mesir, Libanon, Yordania, dan Arab Saudi.
Wawan yang juga merupakan dalang, sutradara, sekaligus penulis skenario mengatakan pada kesempatan ini timnya akan menampilkan Wayang Ajen Sufi dengan lakon “The Dead of Rahwana: Membasmi Angkara Murka”.
Penampilan Wayang Ajen Sufi menampilkan kisah-kisah yang sanggup menembus ruang dan waktu menuju peradaban dunia dengan spiritualitas Islam yang universal.
“Kami pilih mementaskan lakon ini sebagai penjabaran dari tema festival, yakni mewujudkan persahabatan dunia melalui seni pertunjukan wayang,” lanjutnya.
Menurut dia, kehadiran sejumlah peserta dari negara lain menjadikan penampilan Wayang Ajen sebagai sarana tepat untuk mempromosikan Indonesia.
“Sebab kami mementaskan wayang dengan cara yang sangat khas Indonesia,” imbuhnya.
Selain mendapat dukungan penuh dari Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kota Bekasi, tim wayang ajen juga meminta restu dan dukungan masyarakat lainnya agar diberi kelancaran saat mementaskan lakon berdurasi 60 menit pada 21 dan 22 Oktober 2014.

()