Kapal Induk USS Carl Vinson
Kapal Induk USS Carl Vinson

Jakarta, Aktual.com – Kapal Induk USS Carl Vinson milik Amerika Serikat meninggalkan Laut Jepang di kawasan Semenanjung Korea. Diketahui selama sebulan penuh, kapal ini mengapung di perairan Korea.

Dilansir dari Yonhap, Kamis (1/6), Angkatan Laut Korsel umumkan akhir misi kapal induk USS Carl Vinson pada Rabu (31/5) malam.

Kendati telah diumumkan terkait hal ini, pihak pemerintah AS termasuk Pentagon belum memberikan konfirmasi resmi terkait Kapal induk USS Carl Vinson yang pergi dari kawasan Semenanjung Korea.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kapal induk USS Carl Vinson beserta armada tempurnya berasal dari pangkalan San Diego dan pada akhir April 2017 tiba di Laut Jepang di kawasan Semenanjung Korea. Kapal ini diturunkan sebagai bentuk peringatan terhadap Korut yang selalu memprovokasi.

Bersamaan dengan dikirimnya kapal induk USS Carl Vinson, AS juga menerjunkan beberapa kapal induk lainnya yakni kapal induk USS Ronald Reagan dan kapal induk USS Nimitz Vinson.

Meskipun kapal induk USS Carl Vinson telah meninggalkan Semenanjung Korea, tetapi masih ada kapal induk milik AS yang beroperasi di kawasan itu yakni kapal induk USS Ronald Reagan.

[Agustina Permatasari]

()

(Arbie Marwan)