Jember, Aktual.com – Antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti bali (Balap Liar) yang sangat meresahkan dan mengganggu pengendara lain.

Tim Alap – Alap Samapta Polres Jember melakukan patroli dan penyisiran di tempat – tempat yang di duga menjadi arena balap liar pada, Sabtu (16/10) dinihari, diantaranya Jalan Kalimantan sumbersari Jember.

Akhirnya sebanyak 20 motor roda dua yang terjaring dalam patroli dan penyisiran kali ini.

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin melalui Kasat Samapta Polres Jember AKP Eko Basuki T, menyampaikan Operasi inipun memberikan hasil, sedikitnya 20 kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi pabrikan, berhasil terjaring operasi dan diamankan di Satlantas Polres Jember.

“Ada 20 kendaraan yang kami amankan, karena tidak sesuai spesifikasi pabrik, yakni menggunakan kenalpot brong, tidak hanya itu, rata-rata pemilik kendaraan juga tidak melengkapi surat-surat kendaraan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ia menjelaskan, jika pihaknya saat ini terus melakukan patroli ke tempat-tempat yang memang selama ini sering dijadikan tempat adu kecepatan kuda besi tersebut, tidak hanya di jalan Kalimantan yang merupakan kawasan Kampus, namun beberapa lokasi juga tidak luput dari sasaran operasi.

“Patroli ini hampir setiap malam kami lakukan, karena untuk mengantisipasi 3 C yakni Curat, Curas dan Curanmor, terutama setiap malam sabtu, beberapa kawasan sering dijadikan tempat untuk balap liar yang dilakukan oleh sekelompok pemuda,” jelas mantan Kapolsek Arjasa ini kepada wartawan.

Sedangkan untuk kendaraan yang terjaring operasi dan diamankan di Satlantas, pihaknya menyarankan kepada pemilik untuk mendatangi Satlantas Polres Jember dengan membawa kelengkapan surat-surat.

“Silahkan untuk pemilik bisa mengambil kendaraanya yang terjaring operasi di Satlantas Polres Jember, tentu harus dilengkapi dengan surat-surat dan juga mengembalikan spesifikasi sepeda motor sesuai pabrikan,” tutupnya.

(Aminudin Aziz)

(A. Hilmi)