Jakarta, Aktual.co — Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-KUKM mempromosikan Smesco Indonesia di SME Tower Jl. MT Haryono Jakarta Selatan sebagai destinasi wisata belanja produk-produk UKM terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia.
“Kami berupaya mempromosikan Smesco Indonesia dengan berbagai cara termasuk mengundang tamu-tamu negara untuk mampir,” kata Direktur Utama LLP-KUKM, Ahmad Zabadi, di Jakarta, Kamis (30./10).
Ia yakin Smesco Indonesia sudah kian popular saat ini salah satunya terindikasi dari semakin banyaknya tamu asing yang berkunjung ke SME Tower untuk berbelanja produk-produk UKM terbaik di UKM Gallery dan pasar Indonesia yang mendisplai produk dari berbagai provinsi di Tanah Air.
Pihaknya menyatakan tidak akan berhenti mempromosikan produk-produk KUKM ke pasar global.
“Kami juga aktif mengikuti berbagai pameran di luar negeri untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk UKM Indonesia terbaik,” sambungnya.
Selain itu pihaknya juga berusaha untuk terus gencar memperkenalkan produk KUKM Indonesia ke pasar global termasuk menggelar business matching dan kunjungan kerja untuk mendatangkan buyer asing ke Indonesia.
Di dalam negeri, LLP-KUKM menjalin kerja sama yang baik dengan banyak Kedutaan Besar negara asing di Indonesia yang diharapkan bisa mendorong SME Tower yang terletak di Jl. MT Haryono Jakarta Selatan itu sebagai desitinasi wisata belanja untuk produk KUKM.
“Dengan begitu upaya ini bukan hanya mampu meningkatkan kapasitas bagi pelaku usaha, tapi LLP-KUKM membuka akses pasar bagi produk KUKM ke luar negeri,” imbuh Zabadi.
Upaya itu ke depan sangat diharapkannya bisa membuat LLP-KUKM atau yang lebih dikenal dengan nama SMESCO Indonesia semakin dikenal masyarakat global.
Zabadi mengungkapkan sampai saat ini kunjungan delegasi asing ke SME Tower mengalir terus dari waktu ke waktu seperti tidak pernah mau berhenti. Bahkan komunitas mancanegara lebih mengenal nama SMESCO Indonesia dibandingkan dengan nama LLP-KUKM.
Dia mengungkapkan, beberapa waktu terakhir, LLP KUKM dikunjungi para pengusaha Istambul, Turki yang tergabung dalam MUSIAD Bursa Branch dalam rangka menjalin kerjasama dagang.
Delegasi dagang Turki tersebut hadir atas kerja sama dua negara yang disponsori Konsulat Jendral Republik Indonesia Istambul.
“Salah satu agenda kerja delegasi dagang Istambul adalah dalam rangka memilah partner produsen produk-produk unggulan dari Koperasi dan UKM Indonesia,” katanya.
Sebelumnya, sebanyak 70 orang pengusaha Brunei Darussalam datang ke SME Tower untuk mengadakan temu bisnis dengan pelaku KUKM di Indonesia dan mencari produk-produk unggulan Indonesia dari berbagai kategori seperti furniture, batik serta makanan dan minuman.
Selama temu bisnis, delegasi dagang Brunei diperkenalkan dengan produk KUKM dari 34 provinsi di Indonesia yang ada di SME Tower.
Tamu dari negara Asia yang juga sering mengunjungi SME Tower adalah Sri Lanka, Tiongkok, dan Thailand.
“Ke depan kami berharap bisa terjalin lebih banyak kerja sama dengan negara lain yang bisa menguntungkan KUKM di Indonesia terutama dari sisi perluasan pasar dan jaringan usaha,” kata Ahmad Zabadi.

()