Pelalawan, Aktual.com – Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci lakukan kunjungan ke SMPIT AL HUDA. Dalam kegiatan tersebut pegawai puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada siswa-siswi kelas 7 (tujuh) dan kelas 8 (delapan), Rabu (21/9).

Pengecekan kesehatan yang dilakukan pegawai puskesmas Berseri tidak hanya kesehatan fisik tetapi juga kesehatan jiwa. Siswa-siswi SMPIT AL HUDA mendapatkan informasi terbaru mengenai kesehatan diri meraka mulai dari telinga, gigi, mata, tinggi badan, dan berat badan.

Ns. Fitri Yati S. Kep salah seorang pegawai puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci yang menangani masalah kesehatan jiwa. Ia mengatakan kunjungan ke setiap sekolah di wilayah kerja puskesmas Berseri bertujuan untuk mengantisipasi kenakalan remaja dan konseling bagi siswa yang mengalami masalah kejiwaan.

“Kami akan datangi setiap sekolah yang berada di wilayah kerja puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci. Kita lihat kejiwaan siswa-siswi kita itu dengan kuesioner jika memang nanti membutuhkan konseling maka akan kami bantu,” jelas Fitri.

Puskesmas Berseri memberikan beberapa kuesioner mulai dari kuesioner kejiwaan, Program Kesehatan Reproduksi Remaja (PKPR), dan penggunaan Napza. Siswa-siswi diberikan penyuluhan tentang hubungan perilaku remaja terhadap sek bebas, bahaya napza, dan masalah kejiwaan.

Rahimah, SKM yang memegang program tentang Napza memberikan informasi kepada siswa SMPIT AL HUDA mengenai bahaya rokok, narkoba, dan minuman keras. Ia juga mengajak kepada setiap siswa dapat memilih teman yang baik untuk bergaul dan memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan positif ketika berkumpul bersama teman.

“Saya berharap anak-anak menjauh rokok. Karena rokok itu ibarat kita menghirup asap hasil pembuangan seperti kita menghirup asap kenalpot kendaraan. Kepada anak-anak kita, jika berkumpul bersama teman, lakukanlah kegiatan yang positif dan bermanfaat,” ujar Rahimah.

Nadhif Arkananta selaku Ketua OSIS SMPIT AL HUDA sangat berterima kasih atas kunjungan puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci. Pasalnya banyak ilmu yang diberikan oleh Ibu-ibu yang datang, mulai dari Ilmu keremajaan, bahaya napza, dan kejiwaan.

“Ana dan kawan-kawan sangat senang dengan kedatangan Ibu-ibu dari puskesmas. Banyak kami diberikan informasi tentang kesehatan. Dan untuk teman-teman muslimah juga diberikan tablet FE merupakan┬átablet mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah atau hemoglobin,” pungkas Nadhif.

Selain pengecekan kesehatan jiwa, napza, dan reproduksi remaja puskesmas Berseri juga melakukan mengecekan kondisi kesehatan siswa dengan melihat warna dahak siswa di masukkan ke dalam botol kecil.

 

 

 

(Ikhwan Nur Rahman)