Sekda DKI Saefullah

Jakarta, Aktual.com – Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah mengatakan terkait banjir yang melanda Jakarta, saat ini pihaknya sudah mengelola manajemen air cukup baik.

“Kesimpulan sampai hari ini, kita dapat mengelola manajemen air di DKI Jakarta ini cukup baik sekarang ini. Mengingat debit air yang begitu besar kemarin, Katulampa konstan pada posisi 240 untuk waktu yang durasinya cukup panjang empat jam,” kata Saefullah di Jakarta Pusat, Kamis (8/2).

Menurutnya kalau tidak ada perlakuan terhadap sungai Ciliwung, berupa sheet pile itu tidak bisa bilang Jakarta ini seperti apa.

“Untungnya saja sheet pile ini sudah hampir 50 persen. Masih ada pekerjaan-pekerjaan lain dari tahun 2018 – 2019 dan seterusnya harus kita perbaiki. Kalau sheet pile ini sudah selesai, maka jika ada angka terulang 240 Katulampa, saya yakin waktu-waktu ke depan ini bisa dialirkan dengan baik,” kata Saefullah.

Perbandingan dengan tahun lalu dalam mengelola manajemen air, Sekda katakan Ciliwung lama itu dilepas, sehingga ada kejadian kebanjiran di Gunung Sahari dan sekitarnya.

(Andy AbdulHamid)