Ismail Sabri, Perdana Menteri Malaysia Terpilih (Bernama)

Kuala Lumpur, aktual.com – Seorang anggota oposisi di Selangor bernama Chua Wei Kiat mempersoalkan komitmen Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob terhadap kebebasan pers. Chua menyebut media di Malaysia masih menjadi sasaran kemarahan para pihak yang tak suka dengan hasil liputan yang tidak berpihak pada kepentingan pihak tertentu.

“Perdana Menteri (Ismail Sabri) janganlah perkataan tak sejalan dengan perbuatan. Tiba-tiba tak bisa menggunakan kewenangan demi kepentingan koleganya. Atau memang hipokrit?,” tanya Chua seperti dikutip dari Malaysiakini, Kamis (15/9) malam.

Wakil Rakyat dari Partai Keadilan Rakyat (PKR) pimpinan Anwar Ibrahim itu pun mengulas ancaman hukuman UMNO kepada Malaysiakini dan Astro Awani pada dua pekan lalu terkait pemberitaan PM Ismail Sabri dan kasus Najib Razak.

Terakhir, Chua juga merujuk kasus pergantian redaksi yang terjadi di New Straits Times (NST). Politisi muda itupun menyebut kasus tersebut sebagai bentuk intervensi politik terhadap kebebasan pers di Malaysia.

(Megel Jekson)