Samarinda, Aktual.com – Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mendorong Provinsi Kalimantan Timur untuk bergerak demi meyakinkan Pemerintah Pusat terkait rencana pemindahan ibu kota negara di luar Pulau Jawa salah satu kandidatnya adalah Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Irianto, Kaltim juga punya pesaing untuk merebut posisi sebagai ibu kota negara, di antaranya Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Kaltim seharusnya segera mengambil langkah penyusunan rencana yang bagus, karena secara geografis dan aspek lainnya Kaltim punya kelebihan, dan inilah yang harusnya dibuka ke Pemerintah Pusat,” katanya, ditulis Ahad (28/7).

Irianto mengaku telah menyampaikan sejumlah gagasan kepada para pejabat di Kaltim, termasuk Gubernur Kaltim Isran Noor secara langsung.

“Yang kita lihat Kaltim belum ada gerakan sama sekali, sementara di lain pihak Kalsel dan Kalteng cukup getol dalam menyusun rencana dan lobi ke pusat,” ujarnya lagi.

Seminar Persiapan Kalimantan Timur Terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara yang berlangsung hari Sabtu, di Pendopo Lamin Etam Jalan Gajah Mada dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

(Abdul Hamid)