Jakarta, Aktual.com-Mengakhiri dualisme yang terjadi di internal organisasi masyarakat pendiri Golkar Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Soksi) akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) bersama pada 10-12 Oktober 2017 di Jakarta.

Politikus Senior Golkar Utoyo Usman menjelaskan bahwa Munaslub merupakan hasil rapat pleno DPP Golkar yang menyarankan agar adanya konsolidasi di Ormas tersebut.

“Ide ini muncul setelah melakukan rapat pleno DPP Partai Golkar. Saat rapat itu, DPP mengamanatkan untuk melakukan konsolidasi agar Soksi menjadi satu,” kata Utoyo didampingi sejumlah pengurus Soksi di Jakarta, Jumat (22/9).

Dia juga menegaskan, bahwa sikap DPP Partai Golkar atas usula tersebut bukan dalam bentuk intervensi di internal Soksi.

Sebab, sambung dia, Golkar menjadi instrumen konstitusional untuk mengajukan calon legislatif yang berasal dari kader Soksi yang ada di partai tersebut.

“Karena para anggota Soksi secara individual juga anggota Partai Golkar,” ujarnya.

Bahkan, ia juga mengatakan, dalam penyelenggaraan Munaslub nanti akan melibatkan semua faksi yang ada, tidak hanya pada pelaksaanan tapi dari tahap yang paling awal.

Mulai dari persiapan masing-masing anggota sudah harus berpartisipasi. Semuanya harus berdiskusi bersama-sama dari awal. Utoyo pun tidak mempermasalahkan kepengurusan-kepengurusan Soksi.

“Tidak ada urusannya itu. Urusannya sekarang ini kami sediakan forum anggota Soksi dan kader Golkar supaya mendapatkan kembali hak konstitusionalnya melalui Munaslub itu,” pungkas sesepuh Soksi.

Pewarta : Novrizal Sikumbang

(Bawaan Situs)