Jakarta, aktual.com – Gareth Southgate akan tetap menjabat pelatih tim nasional Inggris meskipun gagal membawa Three Lions melewati babak perempat final Piala Dunia 2022, demikian pernyataan Asosiasi Sepak Bola Inggris, Minggu (18/12).

Kepastian tersebut sekaligus menjawab kegelisahan pelatih berusia 52 tahun itu yang pekan lalu menyatakan butuh waktu sebelum membuat keputusan mengenai masa depannya.

Namun dia kini telah dipastikan bertahan pada posisinya sampai Piala Eropa 2024 dengan masa kontrak hingga Desember 2024.

“Kami dengan bangga mengonfirmasi bahwa Gareth Southgate akan tetap bertahan sebagai pelatih timnas Inggris dan akan memimpin perjalanan kami di Euro 2024,” kata Chief Executive FA Mark Bullingham seperti dikutip AFP.

“Gareth dan (asisten pelatih) Steve Holland mendapat dukungan penuh dari kami untuk mempersiapkan menuju Euro mulai dari sekarang.”

Inggris belum pernah meraih trofi besar lagi sejak menjuarai Piala Dunia 1966. Namun di bawah pelatih Southgate, Inggris mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan final Piala Eropa 2021.

Inggris akan mengawali kualifikasi Piala Eropa 2024 menghadapi Italia pada 23 Maret 2023. Ukraina, Makedonia Utara dan Malta juga berada dalam grup yang sama.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)