Jakarta, Aktual.com – Raheem Sterling mencetak gol lagi untuk membantu tim nasional Inggris mengalahkan Republik Ceko 1-0 dalam laga pemungkas Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Selasa (22/6) waktu setempat (Rabu WIB).

Kemenangan itu sekaligus memastikan Inggris, yang sudah lolos ke babak 16 besar sebelum pertandingan, menjadi juara Grup D dengan raihan tujuh poin.

Sedangkan Ceko harus puas hanya lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, sebab mereka disalip oleh Kroasia yang di laga lain menang 3-1 atas Skotlandia.

Kroasia menempati posisi runner-up Grup D berbekal keunggulan selisih gol mengingat secara head-to-head mereka berimbang dengan Ceko yang sama-sama memiliki empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kepastian Inggris dan Ceko menjejaki babak 16 besar sebelum peluit sepak mula dititupkan, membuat laga ini berubah makna menjadi perebutan posisi puncak klasemen Grup D.

Inggris melanjutkan tren peluang yang membentur tiang gawang lawan di awal laga, sebagaimana di dua pertandingan sebelumnya dialami oleh Phil Foden kontra Kroasia dan John Stones versus Skotlandia.

Kali ini, laga belum genap berusia dua menit ketika Luka Shaw mampu mengirim umpan jauh yang berusaha diselesaikan Sterling dengan tendangan congkel, tapi bola berakhir membentur tiang jauh gawang Ceko.

Kendati demikian Inggris –yang tanpa Mason Mount dan Foden karena keduanya menjalani isolasi mandiri COVID-19– tidak menurunkan daya juang dan mampu membuka keunggulan pada menit ke-12 melalui gol Sterling.

Jack Grealish mengirimkan umpan silang dari sisi kiri yang sempat membentur Vladimir Coufal sehingga melambung mengelabui kiper Tomas Vaclik dan Sterling menyambutnya di area tiang jauh untuk menjebol gawang Ceko.

Kapten Inggris Harry Kane akhirnya mencatatkan tembakan tepat sasaran pertamanya di Euro 2020 setelah menerima umpan terobosan dari Harry Maguire, sayang penyelesaiannya bisa dimentahkan oleh Vaclik pada menit ke-26.

Dua menit berselang giliran kiper Jordan Pickford yang unjuk kebolehan untuk menepis tembakan jarak jauh Tomas Holes demi mengamankan gawang Inggris.

Ceko nyaris mencetak gol balasan pada menit ke-35 ketika Tomas Soucek melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti, sayang bolanya masih melayang tipis di sisi gawang.

Dua menit jelang turun minum, Kane kembali melepaskan tembakan tepat sasaran lewat tendangan mendatar yang sekali lagi bisa dimentahkan oleh Vaclik dan bola muntah sebelum bisa disontek Sterling, tapi ia sudah berada dalam posisi offside.

Selepas turun minum Jordan Henderson melakukan penampilan perdananya di Euro 2020 menggantikan Declan Rice tapi babak kedua berjalan relatif minim peluang berarti.

Pada menit ke-83, Ceko nyaris menyamakan kedudukan memanfaatkan sapuan buruk Pickford yang bisa dipotong oleh Adam Hlozek, sayang penyelesaian Tomas Pekhart atas situasi itu melenceng dari sasaran.

Tiga menit kemudian Henderson sukses menyarangkan bola ke gawang Ceko memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti, sayang gol itu dianulir karena ia sudah terlenjur berdiri di posisi offside.

Inggris akan menghadapi runner-up Grup F di babak 16 besar, artinya mereka terancam bertemu salah satu tim kuat di antara Prancis, Jerman atau Portugal.

Sedangkan Ceko masih harus menunggu seluruh pertandingan penyisihan grup rampung sebelum mengetahui di mana dan melawan siapa mereka akan bertanding di babak 16 besar. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)