Ngawi, Aktual.com – Staf Admin Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Ngawi, Arif Yulianto mengatakan bahwa ketersediaan darah di PMI Ngawi saat ini cukup dan siap pakai. Hal tersebut ia sampaikan kepada awak redaksi Aktual.com pada Kamis (17/6).

Arif menyampaikan, untuk stok darah siap pakai di Ngawi meliputi, Golongan darah A 2 kantong, Golongan darah B 19 kantong, Golongan darah O 2 kantong, Golongan darah AB 2 kantong, total ada 31 kantong.
Sementara itu, untuk stok ketersediaan komponen trombosit yakni Golongan darah A 5 kantong, Golongan B 6 kantong,vGolongan darah O 9 kantong.

“Sedangkan Golongan darah AB 0 kantong, total stok komponen trombosit 20 kantong,” kata Arif.

Ia berharap, bagi masyarakat Ngawi yang sudah divaksin ke dua, diharapkan bisa mendonorkan darahnya ke PMI Cabang Ngawi minimal dua minggu setelah vaksin ke dua. Untuk persyaratan donor sendiri memang minimal dua minggu setelah dilakukan vaksin ke dua.

“Yang jelas tensi normal dari 110 sampai 150, kemudian kadar hemoglobinnya 12 sampai 17 setengah, kemudian berat badan minimal 45 Kg,” imbuhnya.

“Yang terpenting tidak memiliki riwayat penyakit yang menular seperti HIV/Aids, Sipilis dan penyakit menular lainnya,” tutup Arif Yulianto.

(Ridho)

(Nusantara Network)