Jakarta, aktual.com – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengapresiasi dukungan Presiden Joko Widodo dan para suporter untuk skuad asuhannya ketika dia menjalani laga perdananya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12).

“Saya berterima kasih atas kehadiran Presiden dan para fan yang terus memberikan dukungan,” kata Shin di SUGBK, Jakarta, Jumat (23/12).

Presiden Joko Widodo menyaksikan langsung pertandingan Grup A Piala AFF 2022 timnas Indonesia kontra Kamboja di SUGBK, didampingi beberapa pejabat negara seperti Menpora Zainudin Amali serta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Mereka bergabung dengan 25.322 suporter yang nyaris tanpa henti menyanyikan yel-yel dukungan untuk skuad berjuluk “Garuda”.

Selain menonton laga, Presiden juga memantau pelaksanaan protokol keamanan olahraga terbaru pascatragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan.

“Dengan manajemen, protokol dan sistem yang baru, Insyaallah kita bisa lebih baik,” kata Presiden usai pertandingan.

Bagi Shin, partai melawan Kamboja spesial lantaran itu pertandingan pertamanya di SUGBK bersama timnas Indonesia.

Juru taktik asal Korea Selatan itu merasa tersanjung dengan semua sokongan yang dia dan skuadnya terima.

Shin pun terkesima dengan kualitas SUGBK dan berharap timnas Indonesia rutin berlaga di arena sepak bola yang selesai dibangun pada tahun 1962 itu.

“Saya menyukai stadion ini. Sempurna. Saya berharap, ke depan, pertandingan-pertandingan internasional yang dilaksanakan di sini,” tutur Shin.

Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di Piala AFF 2022 dengan memenangkan laga Grup A kontra Kamboja 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12).

Dua gol Indonesia diciptakan oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Sementara Kamboja memperkecil kedudukan melalui Saret Krya.

Kemenangan atas Kamboja membuat Indonesia menduduki posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan tiga poin dari satu laga (selisih gol +1).

Berikutnya, Indonesia akan bertandang ke markas Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12) mulai pukul 17.00 WIB.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)