Gianyar, aktual.com – Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengaku telah mengantisipasi absennya bek timnas Elkan Baggott di Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Desember 2022–16 Januari 2023.

STY menyampaikan keputusan Baggott tidak bergabung bersama timnas senior di Piala AFF memang dapat menjadi persoalan buat timnas, tetapi dia berusaha mengatasi itu dengan mematangkan persiapan Skuad Garuda selama sesi pemusatan latihan (TC) di Bali sejak 28 November 2022.

“Tidak adanya Elkan, saya juga antisipasi dia tidak bisa datang memang jadi masalah juga, tetapi kami mesti mengatasinya dengan baik,” kata STY pada sela-sela sesi latihan timnas senior di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Jumat (16/12).

Elkan Baggott merupakan pemain timnas yang saat ini bermain bersama klub asal Inggris Gillingham dengan status pinjaman dari Ipswich Town. Bek timnas itu, sebagaimana disampaikan pelatih Gillingham, Neil Harris, telah memilih absen untuk memperkuat Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Harris, sebagaimana disiarkan media Inggris KentOnline, Kamis (15/12), menyampaikan Gillingham dan Ipswich menyerahkan keputusan itu sepenuhnya kepada Elkan.

“Saya selalu mendukung apa yang pemain inginkan, terutama saat ada kesempatan bermain di depan banyak orang, dan Elkan memutuskan untuk tetap di sini (Inggris), keputusan itu tentu didukung oleh Ipswich dan kami (di Gillingham),” kata Neil Harris dari KentOnline.

Walaupun demikian, PSSI sejauh ini belum memberi keterangan resmi terkait absennya Elkan di Piala AFF 2022.

Tanpa kehadiran Elkan, STY masih memiliki banyak opsi, mengingat ada 10 bek Skuad Garuda yang siap memperkuat pertahanan Timnas Indonesia, yaitu Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, dan Edo Febriansyah.

Akan tetapi, Sandy Walsh kemungkinan juga absen pada laga perdana timnas melawan Kamboja di Piala AFF 2022, yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 23 Desember 2022. Pasalnya, Sandy kembali ke klubnya KV Mechelen di Belgia untuk sementara waktu setelah ikut TC timnas selama beberapa hari di Bali.

Walaupun demikian, Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan saat meninjau sesi latihan dua minggu lalu (3/12) menyampaikan Sandy bakal kembali bergabung saat Skuad Garuda menjalani laga tandang di Kuala Lumpur melawan Brunei Darussalam pada 26 Desember 2022.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)