Gianyar, aktual.com – Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Shin Tae-yong menyampaikan pihaknya fokus memperkuat fisik dan konsistensi pemain timnas beberapa pekan sebelum mereka menjalani laga perdana melawan Kamboja di Piala AFF 2022 pada 23 Desember.

Oleh karena itu, sejak latihan perdana timnas senior pada 28 November di Bali, para pemain timnas senior rutin menjalani latihan fisik salah satunya lari interval.

“Hari ini fokus untuk tes fisik sekalian meningkatkan fisik dasar, dan konsistensinya,” kata Shin Tae-yong (STY) pada sela-sela latihan di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Rabu (7/12).

Ia lanjut mengemukakan dalam waktu seminggu terakhir tim pelatih memberikan sesi latihan fisik berintensitas tinggi kepada para pemain.

“Selama seminggu ini memang latihan berintensitas tinggi. Para pemain bekerja keras dan maksimal semua tanpa terkecuali. Saya sebagai pelatih kepala di sini sangat berterima kasih kepada para pemain,” kata STY.

Ia pun menilai sejauh ini kondisi fisik dan mental para pemain sedikit demi sedikit semakin membaik.

Walaupun demikian, ia tidak dapat menyampaikan hasil latihan secara lengkap, karena itu hanya dapat dilihat setelah para pemain menjalani pertandingan.

“Yang namanya progres itu tidak bisa dilihat dari latihan. Kami hanya bisa lihat dari pertandingan-pertandingan yang ada,” kata STY.

Namun, sejauh ini, STY belum merencanakan adanya pertandingan uji coba timnas senior dengan tim lain menjelang Piala AFF, karena rentang waktunya yang terbatas dan Liga 1 yang telah kembali bergulir.

“Sampai saat ini (uji coba) belum ada. Saat ini, kami mempersiapkan AFF dengan pemain-pemain yang ada di sini,” kata dia.

Timnas senior telah menjalani sesi pemusatan latihan (TC) di Bali sejak 28 November, lebih cepat dari jadwal yang semula direncanakan pada awal Desember 2022.

Pada sesi latihan untuk Piala AFF 2022 itu, STY memanggil lebih dari 20 pemain.

Untuk posisi kiper, STY memanggil Nadeo Arga Winata, Muhammad Riyandi, dan Syahrul Trisna.

Kemudian di posisi bek, ada Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, dan Edo Febriansyah.

Di posisi tengah, STY memanggil Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Saddil Ramdani.

Terakhir untuk pemain posisi menyerang, pelatih asal Korea Selatan itu mengandalkan Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, dan Ilija Spasojevic.

Di Piala AFF 2022, Indonesia masuk dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei.

Indonesia bakal melawan Kamboja pada laga perdananya di Grup A Piala AFF 2022 pada 23 Desember. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang rencananya menjadi stadion kandang Indonesia di Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang menghadapi Brunei Darussalam, kemudian menjamu Thailand pada 29 Desember 2022. Terakhir, Indonesia akan melawan Filipina di markasnya pada 2 Januari 2023.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)