Jakarta, aktual.com – PT Sucofindo (Persero) mengungkapkan keberadaan sertifikasi halal berperan penting terhadap peningkatan daya saing para pelaku usaha.

“Sertifikasi halal berperan terhadap peningkatan daya saing pelaku halal, oleh karena itu kami juga melihat bahwa bagaimana Sucofindo berperan pada peningkatan daya saing pelaku usaha,” ujar Direktur Utama Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dalam seminar daring di Jakarta, Jumat (8/4).

Menurut dia, hal ini yang dilakukan Sucofindo melalui pembinaan usaha mikro dan usaha kecil dengan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) bersama-sama dengan BUMN lainnya melalui program pendanaan dan fasilitasi.

Dalam konteks sertifikasi halal, Sucofindo berperan dalam fasilitasi sertifikasi halal dan/atau pelatihan penyelia halal.

Selain itu, Sucofindo juga menyediakan layanan-layanan pendukung lainnya yang terkait dengan proses sertifikasi halal.

“Kami berpendapat bahwa dengan sertifikasi halal, maka kepercayaan pasar, khususnya pasar masyarakat Muslim terhadap produk halal akan meningkat,” katanya.

Dengan peningkatan kepercayaan masyarakat atau konsumen terhadap suatu produk, maka konsumsi terhadap produk itu juga akan meningkat.

Karena daya saing itu juga bisa diukur dari selain kualitas, tentu saja diukur juga dari keberhasilan memasarkan suatu produk, sehingga kalau permintaannya terhadap barang itu meningkat, maka ini bisa dikatakan sebagai peningkatan daya saing produk tersebut. Tentunya yang dimaksud di sini adalah produk halal.

Sucofindo dalam perannya sebagai lembaga pemeriksa halal, maka salah satu sumber daya yang dimiliki Sucofindo untuk mendukung keberhasilan atau kepastian dalam memberikan kualitas pemeriksaan halal dan Sucofindo memiliki sarana laboratorium.

“Kami ingin menyampaikan LPH Sucofindo didukung oleh laboratorium yang modern guna memastikan hal-hal yang syubhat atau meragukan. Jadi, kalau prosesnya sudah jelas, maka tidak perlu menggunakan fasilitas laboratorium, akan tetapi ketika ada proses-proses dalam pemeriksaan, kami mendapati hal-hal yang meragukan, maka Sucofindo didukung oleh laboratorium canggih,” kata Wigrantoro.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)