Jakarta, Aktual.co —Suku Dinas Perindustrian dan Energi Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara berencana akan menambah fasilitas penerangan terhadap dua taman seperti Taman Rawa Badak Utara dan Taman Tablo Koja. 
Hal tersebut dilakukan menyusul banyaknya aksi kriminalitas yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Tak hanya aksi kriminalitas bahkan lantaran minimnya fasilitas penerangan menjadikan tempat tersebut dijadikan lokasi mesum oleh oknum. 
Menurut Kepala Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Utara, Saukani bahwa untuk anggaran 20 lampu yang digunakan untuk penerangan taman tersebut senilai Rp 300 juta. 
“Saat ini sedang kami bahas untuk pengajuan tahun anggaran 2015. Untuk sementara Taman Rawa Badak Utara kami pasangi 5 dan 4 di Taman Tablo berupa lampu sorot masing-masing 400 watt,” ujarnya, Rabu (22/10). 
Dikatakan Saukani kalau pihaknya juga membuat kesepakatan tertulis dengan Sudin Pertamanan Jakarta Utara selaku pengelola taman terkait pengadaan dan pemasangan lampu taman tersebut.
Sedangkan 20 lampu yang direncanakan dipasang di dua taman tersebut merupakan jenis lampu mercury dengan kapasitas 250 watt. 10 lampu akan dipasang di Taman Rawa Badak Utara dan 10 lagi untuk Taman Tablo. Untuk masing-masing titik diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp 15 juta sehingga jika ditotal untuk 20 titik akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 300 juta.
“Selain kedua taman itu, Taman Plumpang juga akan kita pasangi lampu serupa. Karena dikeluhkan gelap, rencananya akan kita pasang sebanyak 8 titik di sana,” tandasnya.

(Andy Abdul Hamid)