Jakarta, (16/4) Aktual.com – Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari membenarkan sebanyak 34 orang di Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat positif terinfeksi COVID-19.

“Iya ada peningkatan kasus di Petamburan (dengan jumlah 34 orang). Kemungkinan dari satu klaster. Kita sebut klaster Bethel ya,” kata Erizon saat dihubungi, Kamis (16/4).

Erizon membenarkan data tersebut berdasarkan situs corona.jakarta.go.id melalui peta persebaran kasus COVID-19 setiap kelurahan yang ada di Jakarta dengan menunjukkan kasus positif saat ini paling banyak terdapat di kelurahan Petamburan dengan total 34 orang.

Pasien positif COVID-19 dalam klaster Bethel itu diduga saling tertular virus asal Wuhan itu karena berada dalam lingkungan asrama yang memungkinkan banyak terjadi interaksi dalam satu lokasi.

Saat ini keseluruhan pasien yang positif dalam klaster itu diwajibkan melakukan isolasi mandiri di dalam asrama Bethel itu.

“Otomatis kalau udah di satu asrama, asramanya diisolasi. Lalu kalau secara klinis pasien bagus ga semua dirawat di rumah sakit. Kecuali ada gejala klinis yang butuh pemantauan ya baru dibawa ke rumah sakit,” kata Erizon.

Lebih lanjut, peningkatan data positif COVID-19 yang terjadi di kelurahan Petamburan memang baru dilaporkan sekitar 1- 2 hari yang lalu.

“Baru satu atau dua hari yang lalu laporannya. Belum lama. Saya juga baru pantau itu. Terjadi peningkatan kasusnya memang belum lama,”kata Erizon.

34 orang yang positif COVID-19 di Petamburan itu termasuk dalam 2.447 kasus positif COVID-19 di wilayah DKI Jakarta hingga Kamis (16/4) pagi.

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)