Jakarta, Aktual.com – Anda penikmat kuliner? seperti yang ada ketahui bahwa Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki banyak sekali ragam kuliner yang menggugah selera. Salah satu makanan khas negara tersebut adalah Gyukushi atau sate wagyu.

Membuat Gyukushi sendiri terbilang cukup mudah sehingga cocok untuk menjadi santapan keluarga di rumah.

Melalui acara “Lebih Dekat Dengan Nikuplus” di Ajinomoto, Jakarta Utara, Selasa, Wisnu Wicaksono selaku Corporate Chef of Horeca Department PT Ajinomoto Indonesia memberikan resep membuat Gyukushi yang lezat dan nikmat sebagai berikut:

Bahan Gyukushi:
– Daging Sirloin
– Daun Bawang
– Nikuplus
– Gyukushi Tare
– Garam
– Lada Hitam

Selain itu, pembuatan Gyukushi ini juga memerlukan tare sauce. Tare sauce sendiri biasanya digunakan untuk mencelupkan daging yang dibakar. Berikut bahan-bahan untuk tare sauce dan cara membuat Gyukushi.

Bahan tare sauce
– Air
– Madu
– Kecap Asin Jepang
– Bawang Putih Goreng
– Saori Saus Teriyaki

Cara membuat tare sauce:
1. Campurkan air, saori saus teriyaki, madu dengan kecap asin jepang ke dalam sauce pan. Aduk merata dengan suhu panas dan tidak sampai mendidih.
2. Masukkan bawang putih goreng ke dalam saus.
3. Susutkan saus sampai rasa sesuai selera.
4. Dinginkan saus untuk digunakan sebagai marinasi daging.

Cara membuat Gyukushi:
1. Lumuri potongan daging sirloin dengan Nikuplus.
2. Campurkan gyukushi tare ke dalam wadah yang berisi daging, marinasi selama 30 menit agar Nikuplus bekerja dengan baik.
3. Tusuk daging dengan urutan daging-daun bawang-daging-daun bawang.
4. Bumbui dengan garam dan blackpaper.
5. Panaskan grill pan dan olesi dengan menggunakan lemak dari daging sirloin.
6. Grill dengan api sedang di semua sisi daging. Masak sampai matang.
7. Sajikan selagi hangat.

Nikuplus merupakan salah satu produk yang baru-baru ini telah diluncurkan oleh PT Ajinomoto Indonesia melalui Horeka Department. Nikuplus diperuntukkan sebagai bahan tambahan pangan campuran penstabil daging.

Nikuplus dapat diaplikasikan pada berbagai jenis daging seperti ayam, bebek, sapi, dan kambing. Produk tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai masakan baik tumis, goreng, dan lain-lain.

“Ajinomoto melihat banyak masyarakat Indonesia setiap harinya mengkonsumsi berbagai macam protein hewani sebagai menu utama. Selain itu, tingginya permintaan pada industri food service, membuat produk Nikuplus menjadi solusi sebagai meat improver karena sangat praktis digunakan dengan harga yang cukup terjangkau,” ujar Head of Horeca Corporate Department Ryo Nakamura.

Produk ini juga dapat dikombinasikan dengan bumbu lain tanpa merubah rasa dan dapat diaplikasikan dengan mudah pada proses marinasi atau ungkep.

 

(Andy Abdul Hamid)