Karawang, Aktual.com – Para guru di Sekolah Dasar Negeri Situdam 1 Kabupaten Karawang, Jabar, berharap agar pihak terkait segera mengatasi pencemaran limbah sungai dekat sekolah tersebut, karena menimbulkan bau tak sedap.

“Kejadian bau tak sedap itu sejak beberapa pekan terakhir. Menurut informasi, sungai ini bau karena tercemar limbah industri,” kata Neneng Lisnawati, guru SDN Situdam 1 Karawang, di Desa Situdam, Kecamatan Jatisari, Karawang, Senin (30/7).

Sebenarnya pencemaran sungai dekat sekolahnya yang merupakan anak Sungai Cilamaya itu sudah berlangsung lama dan terasa sekali bau menyengatnya saat musim kemarau seperti saat ini.

Setahun lalu, sudah ada beberapa pejabat yang datang kelokasi seperti dari Dinas Kesehatan dan DPRD Karawang. Bahkan tahun lalu, para pelajar di SDN Situdam 1 Karawang diperiksa kondisi kesehatannya karena setiap hari dihadapkan dengan bau tak sedap.

Sesuai dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tahun lalu, ada beberapa pelajar yang mengalami gangguan pernapasan sampai harus mendapat perawatan rumah sakit. Itu terjadi karena setiap hari mereka menghirup bau tak sedap dari sungai.

(Andy Abdul Hamid)
1
2
3