Washington, Aktual.com – Osama bin Laden pernah menulis surat menyeru warga Amerika Serikat membantu Presiden Barack Obama memerangi bencana perubahan iklim demi menyelamatkan umat manusia.

Surat tersebut menjadi bukti baru kepedulian mantan pemimpin Al Qaeda tersebut, terhadap persoalan lingkungan hidup.

Surat mengenai perubahan iklim dari bin Laden menjadi bagian dari sejumlah dokumen, yang disita pada 2 Mei 2011 saat pasukan Amerika Serikat menyerang tempat persembunyiannya di Pakistan, yang berakhir dengan kematian tokoh tersebut.

Pemerintah Amerika Serikat kemudian membuka surat tersebut untuk umum pada Rabu (2/3) WIB.

Surat itu tidak bertanggal dan ditujukan kepada warga Amerika Serikat. Berdasarkan pada sejumlah rujukan pada surat tersebut, sejumlah pihak menduga bin Laden menulisnya beberapa saat setelah Obama memulai periode pertama kepresidenan pada 2009.

Kepedulian bin Laden pada isu perubahan iklim sebelumnya juga sempat muncul dalam beberapa dokumen yang dibuka untuk publik pada Mei 2015 lalu. Sebelumnya pada 2010, jaringan kantor berita Al Jazeera juga sempat menyiarkan rekaman suara bin Laden dengan tema yang sama.

Dalam surat itu, bin Laden menyalahkan perusahaan besar dan kelompok lobi sebagai penyebab krisis finansial di Amerika Serikat pada 2007-2008 serta perang di Irak dan Afghanistan.

Dia menyerukan warga Amerika Serikat untuk memulai “revolusi besar menuju perdamaian” demi membebaskan Presiden Barack Obama dari pengaruh korporasi besar dan kelompok lobi.

Jika Obama terbebas dari pengaruh tersebut, maka dia akan dapat “membuat keputusan rasional untuk menyelamatkan umat manusia dari gas mematikan (penyebab perubahan iklim) yang mengancam masa depan,” kata bin Laden, seperti dikutip dari Reuters.

Sementara itu dalam surat yang terpisah, bin Laden menginstruksikan orang terdekatnya untuk memulai kampanye media yang mendesak pengurangan gas emisi rumah kaca sebagai bagian dari peringatan 10 tahun serangan 11 September.

Bin Laden menegaskan bahwa dunia sebaiknya memusatkan upaya untuk memerangi perubahan iklim alih-alih memerangi agama Islam.

“Dunia harus memusatkan upayanya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca,” kata surat tanpa tanggal yang ditujukan untuk seorang bernama Shaykh Mahmud. Intelejen Amerika Serikat menduga surat tersebut juga ditulis oleh bin Laden.

“Ini adalah perjuangan antara dua kebudayaan terbesar di atas bumi manusia, dan ini berada di bawah bayang-bayang malapetaka perubahan iklim,” kata bin Laden.

(Antara)

()