Jakarta, Aktual.com – Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menilai survei terhadap sejumlah program pemerintahan Jokowi-JK saat ini masih rintisan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal itu menanggapi survei SMRC yang melaporkan adanya perbaikan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK yang genap berumur dua tahun, baik di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan bahkan sampai program dana desa.

“‎Jadi setiap pemerintahan harus jujur ada produk pemerintahan sebelumnya. Ini Pak Jokowi memimpin pemerintahan, sementara Pak SBY kan sudah 10 tahun menjalankan pemerintahan jadi dengan sendirinya ada produk-produk yang dinikmati pemerintahan saat ini,” kata Riza yang hadir di konfrensi pers survei SMRC, di Jakarta, Minggu (23/10).

“Contoh soal dana desa yang sudah dua tahun bergulir, itu komitmen peraturan perundang-undangannya dan perencanaannya sudah selesai pada zaman Pak SBY. Sehingga zaman Pak Jokowi tinggal meneruskan saja,”tambah dia.

Tidak hanya itu, soal peningkatan kesehatan di zaman Jokowi karena pada zaman SBY sudah dituntaskan peraturan perundang-undangannya soal kesehatan, melalui program BPJS.

“Contoh lain, soal pendidikan terjadi peningkatan itu juga karena sudah selesai pada zaman Pak SBY. Karena ada komitmen dalam pemerintah yaitu untuk anggaran 20 persen. Dan sekarang tinggal meneruskan,” ujar wakil ketua komisi II DPR RI itu.

“Jadi kalau hasil survei ada peningkatan dari pendidikann, kesehatan dan dana desa, itu sebenarnya produk dari zaman Pak SBY. Apa yang jadi produk Pak Jokowi? Ada infrastruktur, yang sebenarnya juga sudah dimulai pada zamanya Pak SBY dnegn program MP3EI, tapi meski demikian ada proses pembangunan yang optimal yang perlu kita apresiasi, yang baru akan terasa manfaatnya itu pada tahun 2019,” tandasnya.

 

*Novrizal

(Andy Abdul Hamid)