Jakarta, Aktual.co — Pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 akan tampil beda dibandingkan pelantikan presiden-presiden RI sebelumnya. 
Berdasarkan agenda, usai mengucap sumpah dan janji presiden dan wakil presiden, Jokowi-JK bakal naik kereta kencana menuju Istana Negara. 
“Dari gedung DPR Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi dan JK yang sudah mengambil sumpah dan janji akan menuju Bundaran Hotel Indonesia, dari sana mereka akan menggunakan kereta kencana menuju Istana Kepresidenan. Disana nanti ada penghormatan dari Paspampres, standar istana,” kata Kapolri Jenderal Sutarman di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (16/10).
Sutarman juga mengatakan, setelah Jokowi-JK tiba di Istana Kepresidenan ada beberapa kegiatan yang di informasikan Susilo Bambang Yudhoyono untuk Presiden baru Indonesia. Setelah itu, SBY akan meninggalkan Istana.
“Mungkin ada beberapa yang akan diperkenalkan oleh SBY karena sebelumnya dia yang menghuni (istana kepresidenan), seperti pekerja istana dan lainnya, setelah itu SBY meninggalkan istana, sehingga suksesi pemerintahan ini mudah-mudahan jadi tradisi yang baik dan dapat dibesarkan, dan yang meninggalkan sama-sama kita besarkan, tapi tanpa ada pelanggaran aturan,” kata dia.

()